Lebih Pedas dari Omongan Tetangga, Begini Fakta Perihnya Gas Air Mata, dr Tirta: Bisa Hipoksia

- Senin, 3 Oktober 2022 | 17:27 WIB
Aparat keamanan menembakkan gas air mata untuk menghalau suporter yang masuk lapangan usai pertandingan Arema vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022)
Aparat keamanan menembakkan gas air mata untuk menghalau suporter yang masuk lapangan usai pertandingan Arema vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022)

SUARAMERDEKA.COM - Dokter Tirta turut buka suara terkait tragedi maut di Stadion Kanjuruhan yang menewaskan ratusan suporter Arema FC, Sabtu 1 Oktober 2022.

Melalui akun Twitter-nya @tirta_cipeng, dr Tirta mengatakan penggunaan gas air mata di stadion dilarang oleh FIFA dan mendesak Polri dan panitia pelaksana untuk menjawab terkait tragedi ini.

¨Penggunaan gas air mata di stadion sudah dilarang oleh fifa Akibat gas air mata, banyak suporter terinjak injak Panpel dan polri harus segera menjawab hal ini,¨ tulis dokter Tirta.

Baca Juga: Berkaca Kasus Rizky Billar, Pria Selingkuh Ogah Nikahi Selingkuhannya, dr Boyke Beberkan Fakta

Dokter Tirta menjelaskan bahwa gas air mata bisa menimbulkan hipoksia.

¨Dalam pertandingan derbi, potensi gesekan itu pasti terjadi Kerusuhan dan suporter masuk lapangan pasti ada kemungkinan Tapi bukan dengan cara gas air mata Menembakkan gas air mata , akan membuat suporter berdesak2 kan cari pintu keluar, dan akhirnya jadi hipoksia,¨ sambungnya dikutip dari Twitter @tirta_cipeng.

Tragedi Kanjuruhan ini menurutnya akan berdampak panjang. Oleh karena itu dirinya berharap adanya penjelasan dari Panitia Pelaksana (panpel). 

¨Kalo banyak kawan2 bingung Tragedi ini bisa berdampak panjang, Ingat: sepakbola butuh suporter SOP crowd control di dalam stadion itu dibedakan dengan di jalanan Panpel juga harus menjelaskan, kenapa bisa terjadi Bukan "kambing hitam" Tapi tragedi kan terjadi dalam stadion,¨ pungkas dr. Tirta melalui akun Twitternya.

Baca Juga: Bukan Sihir, Pakai Air Rebusan Bumbu Dapur Daun Salam, Ampuh Usir Kecoak sampai Kocar-Kacir

Hipoksia merupakan sebuah kondisi dimana terdapat level oksigen dengan kadar rendah dalam jaringan tubuh, yang dapat menyebabkan kebingungan, sesak napas, detak jantung lebih cepat, hingga kulit yang membiru. Dalam kasus akut, kondisi ini dapat menyerang fungsi otak dan jantung.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Terkini

X