Hari Jantung Sedunia, Pemerintah Imbau Pentingnya Edukasi Kesehatan ke Masyarakat

- Senin, 3 Oktober 2022 | 00:47 WIB
Kegiatan senam kesehatan jantung yang diadakan oleh Perki Cabang Kota Semarang memperingati Hari Jantung Sedunia di Balai Kota Semarang, Minggu 2 Oktober 2022. (suaramerdeka.com/Eko Fataip)
Kegiatan senam kesehatan jantung yang diadakan oleh Perki Cabang Kota Semarang memperingati Hari Jantung Sedunia di Balai Kota Semarang, Minggu 2 Oktober 2022. (suaramerdeka.com/Eko Fataip)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Semarang mengajak semua pemangku kepentingan untuk bersama-sama mengedukasi kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, berdasar data Kementrian Kesehatan, penyakit tidak menular menempati porsi tertinggi yang menyebabkan kematian, salah satunya penyakit jantung.

"Maka penting upaya bersama mengedukasi masyarakat tentang artinya sebuah kesehatan. Pencegahan adalah hal yang terbaik, salah satu hal sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan berolahraga," kata Wali Kota yang biasa disapa Hendi tersebut di Balai Kota Semarang.

Baca Juga: Wali Kota Hendrar Prihadi Jadi Saksi, Kadisarpus Endang Sarwiningsih Raih Gelar Doktor dari Unissula

Hendi menyampaikan ajakan tersebut pada kegiatan senam kesehatan jantung memperingati Hari Jantung Sedunia yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (Perki) Cabang Kota Semarang, Minggu 2 Oktober 2022.

Perwakilan dari INAHRS, dr Sunu Budhi Raharjo SpJP(K) mengatakan, tindakan preventif atau pencegahan yang bisa dilakukan masyarakat di antaranya dengan screening kesehatan atau medical check up.

"Semakin bertambahnya usia, angka prevalensi penyakit ini semakin meningkat, terutama di atas 40 tahun. Maka penting dilakukannya pencegahan berupa screening hingga pola hidup sehat, termasuk berolahraga," kata Sunu didampingi Direktur Utama RSUP Dr Kariadi Semarang, drg Farichah Hanum MKes.

Baca Juga: Catat Jadwalnya! Layanan Rehabilitasi Medik di RSUP Dr Kariadi Kini Ditambah

Sementara itu, Ketua Perki Cabang Kota Semarang, dr Susi Herminingsih SpJP(K) menyampaikan, penyakit jantung atau kardiovaskular masih merupakan salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia.

Diperkirakan sebanyak 17 juta orang meninggal akibat penyakit kardiovaskular setiap tahunnya.

Halaman:

Editor: Eko Fataip

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Makanan Ini Bisa Perkuat Daya Tahan Tubuh! Apa Saja?

Selasa, 6 Desember 2022 | 19:08 WIB

Punya Masalah Gigi Berlubang? Simak Tips Ampuh Ini

Kamis, 1 Desember 2022 | 16:42 WIB
X