5 Novel Best Seller Bertema G30S/PKI 1965, Ada yang Segera Tayang Dramanya

- Kamis, 29 September 2022 | 21:11 WIB
Ilustrasi; 5 Novel Best Seller Bertema G30S PKI. (Pixabay)
Ilustrasi; 5 Novel Best Seller Bertema G30S PKI. (Pixabay)

SUARAMERDEKA.COM - Gerakan 30 September 1965 atau yang akrab disebut dengan istilah G30S/PKI merupakan sejarah kelam yang terjadi pada bangsa Indonesia. 

57 tahun lalu, sebanyak tujuh perwira yang terdiri dari enam jenderal dan satu perwira pertama TNI AD menjadi korban peristiwa G30S/PKI di pergantian malam 30 September menuju 1 Oktober 1965. 

Dilansir dari website kemdikbud, tragedi nasional itu diduga dilakukan oleh PKI yang dilatar-belakangi persaingan politik antara PKI dan TNI karena PKI merasa khawatir dengan kondisi kesehatan Presiden Soekarno yang memburuk dan siapa yang melanjutkan pemerintahan jika presiden mangkat. 

Jauh sebelum tahun 1965, PKI telah melancarkan agendanya. Sumber belajar kemdikbud menjelaskan bahwa pada tahun 1948 telah terjadi pemberontakan PKI Madiun dengan propoganda anti pemerintah dan pemogokan kerja oleh kaum buruh. 

Baca Juga: Dijaga Dewa Rezeki, 7 Shio Ini Bakal Dikejar Cuan Gede di Bulan Oktober 2022

Partai Komunis Indonesia atau PKI sendiri adalah gerakan yang berusaha menggulingkan pemerintah yang sah Republik Indonesia dan mengganti landasan negara.

Secara terstruktur, pergerakan PKI pun menjamur ke berbagai lapisan masyarakat. Terutama masyarakat kaum buruh dan tani. 

Keberadaan PKI sendiri mengancam keutuhan NKRI. Akibatnya telah menimbulkan berbagai ketakutan bahkan kesalahpahaman sejarah yang mendarah daging hingga sekarang. 

Bagaimana pun kehadiran PKI tidak bisa dilepaskan begitu saja dari sejarah bangsa Indonesia. Berbagai versi mengenai keberadaannya di tengah-tengah masyarakat saat itu menjadi polemik. 

Baca Juga: Pengin Sinyal TV Digital Tetap Stabil dan Gambar Jernih Tak Bersemut? Perhatikan 6 Hal Ini, Jangan Lewatkan

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X