Salah Menyimpan, Kandungan Susu Sapi Bisa Rusak

Red
- Rabu, 28 Juli 2021 | 07:45 WIB
Pemerahan susu sapi. (suaramerdeka.com / dok)
Pemerahan susu sapi. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Susu sapi sebagai produk asal hewan yang bergizi tinggi, sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, apalagi di musim pandemi saat ini.

Menurut praktisi hewan besar drh. Mukhlas Yasi Alamsyah, kandungan gizi dalam susu sangat lengkap.

"Jadi bisa buat alternatif beberapa produk olahan lain yang berbahan susu. Salah satu komposisi gizinya, susu mengandung protein dan lemak, yang apabila kita tidak pintar menyimpan dan mengolah nya malah bisa bikin basi dan rusak, sehingga kurang bermanfaat," kata penyelia PT Eka Farma Semarang ini, Rabu (28/7).

Cara menyimpan susu segar yang benar adalah di dalam lemari pendingin kulkas dengan suhu berkisar 4 derajat, bisa ditaruh di rak di bawah freezer.

Baca Juga: Bupati Eisti'anah Salurkan Bantuan Warga yang Usai Isoman

Penyimpanan ini akan membuat susu akan tahan sampai empat hari, kalau dibutuhkan tinggal ambil dan dipanaskan.

Lalu, cara mengolah susu yang benar, lanjut Mukhlas, adalah dengan merebus langsung dengan api kecil, sambil diaduk perlahan.

Kemudian susu akan masak ditandai dengan mengembang pertama kali, matikan api dan tetap diaduk. Susu siap disajikan langsung atau ditambahi bahan lain kopi, coklat , atau jahe.

"Tapi tidak disarankan mencampur susu waktu direbus dengan bahan bahan tambahan tadi," tutup dokter hewan lulusan Unair Surabaya ini.

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jangan Sampai Lupa, Berikut 4 Tips Agar Anda Mudah Ingat

Kamis, 29 September 2022 | 11:46 WIB
X