Bocoran Gaji Hacker Terbongkar, Capai Angka Miliaran, Tiap Hari Hujan Cuan!

- Senin, 19 September 2022 | 18:50 WIB
Illustrasi Hacker (freepik)
Illustrasi Hacker (freepik)

SUARAMERDEKA.COM - Berapa besaran gaji hacker, hingga seorang pemuda di Madiun bernama Muhammad Agung Hidayatullah (MAH) kepincut Bjorka dan membantu menjalankan aksinya sebagai peretas data rahasia negara. Berikut ini bocorannya.

Gaji seorang hacker bisa mencapai lebih dari $300.000 per tahunnya. Semakin mentereng suatu perusahaan yang mempekerjakan mereka, maka gaji hacker akan semakin tinggi pula.

Hacker etis atau peretas legal gajinya bisa bervariasi tergantung pada kemampuannya menangani keamanan siber, pemrograman komputer, jaringan komputer, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Ini 9 Jejak Iwan Boedi ASN Bapenda Kota Semarang yang Terekam CCTV  

Tak seperti black hat hacker atau hacker ilegal, hacker atau peretas etis ini memiliki sertifikasi pengalaman yang nantinya dapat menjadi pertimbangan untuk menentukan besaran gajinya.

Biasanya mereka mengantongi Certified Ethical Hacker (CEH).

Dikutip dari laman Payscale, hacker yang memiliki Certified Ethical Hacker (CEH) bisa memperoleh gaji pokok dengan rata-rata mencapai USD82.966 atau lebih.

Jika dikonversikan ke dalam rupiah, gaji pokoknya bisa mencapai Rp1,24 miliar. Wow!

Selain faktor tingkat keterampilan, pengalaman, pendidikan, lokasi, dan juga sertifikasi keahlian yang dimiliki, yang tak kalah penting adalah pengalaman yang menentukan besaran gaji seorang hacker.

Baca Juga: Head In The Clouds 2022 di Jakarta, Rich Brian, NIKI dan Stephanie Poetri Mudik

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Terkini

X