Tes Psikotes Menggambar Pohon, Ampuh Bongkar Sisi Kepribadian Terdalammu, Ini Penjelasan Sederhananya

- Senin, 19 September 2022 | 16:45 WIB
Salah satu aspek tidak terduga dalam interpretasi psikotes gambar pohon adalah arah pohon saat digambar (Sumber: themindsjournal.com)
Salah satu aspek tidak terduga dalam interpretasi psikotes gambar pohon adalah arah pohon saat digambar (Sumber: themindsjournal.com)

SUARAMERDEKA.COM - Menjalani psikotes tentu kalian pernah dihadapkan pada soal untuk menggambar pohon. Tes psikologi ini disebut juga dengan Psikotes gambar pohon atau Koch Tree Test

Secara umum, psikotes gambar pohon bertujuan untuk memberi petunjuk bagi analis psikologi tentang kepribadian dan keadaan emosional seseorang.

Hasil inteprestasi dari gambar pohon dalam psikotes jenis ini terdapat beberapa penjelasan sederhana, berikut ini dilansir dari ekrut.com


1. Akar dan bagian bawah pohon

Jika peserta psikotes menggambar bagian akar dan tanah atau bagian bawah pohon yang menempel di tanah, ini menunjukkan stabilitas emosional dan mental ketika akar yang dibuat dalam.

Jika akar dibuat dangkal atau bahkan tidak ada, maka terjadi pengecualian analisis.

Gambar akar pohon yang tidak proporsional juga berpotensi menunjukkan ketahanan emosional seseorang.

Apabila gambar pohon tidak dibuat dengan goresan untuk pembentukan akar dan tanah, potensi kurangnya stabilitas mental dan emosional cukup diinterpretasikan oleh hal tersebut.

Baca Juga: Tes MBTI, Cari Tahu Tipe Kepribadian dan Karir yang Cocok Buat Kamu, Hacker Tipe yang Mana, Ya?

2. Batang pohon

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Terkini

Cobalah Matikan Lampu Saat Tidur! Ini 5 Hal Positifnya

Senin, 28 November 2022 | 22:58 WIB
X