Tes MBTI, Cari Tahu Tipe Kepribadian dan Karir yang Cocok Buat Kamu, Hacker Tipe yang Mana, Ya?

- Jumat, 16 September 2022 | 16:57 WIB
Tes Kepribadian MBTI / Photo : Pinterest
Tes Kepribadian MBTI / Photo : Pinterest

SUARAMERDEKA.COM - Pada sebuah rekrutmen di dunia kerja, kita mungkin pernah mengenal tentang tes kepribadian MBTI (Myers-Briggs Type Indicator)

Salah satu contoh penggunaan tes MBTI adalah untuk memperoleh gambaran karakter seseorang.

Tak hanya itu, tes MBTI juga dapat dipakai untuk mengetahui persen seseorang dalam hubungan sosial dan relevansinya dengan tipe pekerjaan yang ideal.

Tes MBTI merupakan salah satu tes kepribadian yang paling populer.

Tes ini diciptakan oleh Katharine Cook Briggs dan Isabel Briggs-Myers dengan menggunakan teori kepribadian psikologi dari Carl Gustav Jung yang dikembangkan sejak tahun 1917.

Melalui tes MBTI, manusia dapat diidentifikasi memiliki 16 tipe kepribadian dari empat dimensi yang berbeda. Dimensi tersebut terdiri dari beberapa aspek berpasangan dengan kode huruf sebagai berikut:

Extraversion (E)-Introversion (I), hal ini mengacu pada bagaimana cara individu mendapatkan energi, baik dari lingkungan luar (eksternal) maupun dari diri sendiri (internal).

Sensing (S)-Intuition (N), dimensi ini mengacu pada cara mengelola informasi yang akan diterima oleh seseorang

Thinking (T)-Feeling (F), dimensi yang satu ini mengacu pada landasan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh suatu individu

Judging (J)-Preserving (P), dimensi ini menjadi acuan untuk mengetahui bagaimana seseorang melihat dunia, baik dalam menilai maupun praktikal

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Terkini

Cobalah Matikan Lampu Saat Tidur! Ini 5 Hal Positifnya

Senin, 28 November 2022 | 22:58 WIB
X