Kuliner Unggulan Nusantara, Ternyata Ada 104 Jenis Nasi Goreng di Indonesia

- Rabu, 21 Juli 2021 | 10:58 WIB
Nasi goreng (Adelia Rosalinda / Pixabay)
Nasi goreng (Adelia Rosalinda / Pixabay)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Nasi goreng menjadi salah salah satu kuliner unggulan nusantara yang banyak disukai semua kalangan.

Pakar kuliner nusantara dari Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM, Dr. Dwi Larasatie Nur Fibri, S.T.P., M.Sc menyebut, setidaknya ada 104 jenis nasi goreng di Indonesia.

Dosen Departemen Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian ini menyebut, banyaknya ragam tersebut membuat nasi goreng merupakan makanan yang unik dan spesial.

"Setidaknya ada 104 jenis nasi goreng tersebar di Indonesia yang terdiri dari 36 jenis nasi goreng yang dapat ditelusuri asal usulnya dan 59 lainnya merupakan jenis nasi goreng pengembangan yang tidak bisa ditelusur daerah asalnya," paparnya dalam acara bedah buku berjudul Nasi Goreng Indonesia, Cita Rasa Mendunia yang digelar secara daring, Kamis (15/7) dalam rangkaian agenda Dies Natalis ke-58 FTP UGM.

Baca Juga: Pelaku Pasar Berlomba Ambil Manfaat, Minyak Mentah Berjangka Rebound

Dilansir dari laman UGM, Dr Dwi menyampaikan bahwa nasi goreng merupakan salah satu kuliner unggulan Indonesia selain sate, soto, rendang, dan gado-gado yang bisa dinikmati berbagai kalangan.

Memiliki cita rasa mendunia, rasa nasi goreng juga dapat diterima secara global. Jenisnya yang beragam, menjadi keunikan tersendiri karena mendorong rasa keingintahuan untuk mencoba dari satu jenis ke jenis lainnya.

"Sesuatu yang banyak ragamnya akan unik karena membuat orang semakin penasaran dan tertarik untuk mencoba ragam lainnya," tuturnya.

Baca Juga: Robby Purba Tanya Soal Rencana ke Depan, Ini Jawaban Ayu Ting Ting

Nasi goreng, kata dia, juagmenjadi jawaban bagi masyarakat untuk mengolah nasi sisa menjadi makanan bercita rasa.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mampir ke Pati, Yuk Cobain 3 Makanan Khasnya Ini

Kamis, 16 September 2021 | 20:09 WIB

Masak Pare Biar Pahitnya Hilang, Ini Nih Rahasianya

Selasa, 14 September 2021 | 15:01 WIB

Tamu yang Menginap Mendapat Bouquet Snack, Ini Sebabnya

Minggu, 12 September 2021 | 16:01 WIB

Thailand Punya Street Food Ekstrem, Anda Berani Coba?

Sabtu, 11 September 2021 | 11:24 WIB
X