Susu Steril Tak Berbeda dengan UHT, Cek Kandungan Nutrisinya

- Senin, 5 Juli 2021 | 20:14 WIB
Susu/Ilustrasi Pixabay/Myriams-Fotos
Susu/Ilustrasi Pixabay/Myriams-Fotos


JAKARTA, suaramerdeka.com - Susu steril tiba-tiba menjadi ramai diburu masyarakat selama PPKM Darurat. Bahkan baru-baru ini viral video orang-orang berebut susu steril disalah satu tempat perbelanjaan.

Kepala Divisi Teknologi Hasil Ternak Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan IPB University Dr Ir Epi Taufik Spt MVPH MSi IPM mengatakan susu steril memiliki kandungan nutrisi yang tidak berbeda dengan susu UHT.

Susu dengan merk tertentu, yang sempat menjadi berita viral di medsos adalah salah satu jenis susu steril. Dalam konteks kandungan nutrisinya tidak berbeda nyata dengan jenis susu sejenis (steril atau UHT) dari merk-merk lainnya,” ujar Epi dalam keterangannya di Jakarta, Senin (5/7).

Baca Juga: Satgas Oksigen Bertugas Pastikan Suplai Aman dan Tanpa Delay

Perbedaan yang ada biasanya pada bahan baku atau formulasi susu steril/UHT tersebut. Susu merk tertentu itu dalam kemasannya mencantumkan 100 persen berbahan baku susu segar, namun demikian susu sejenis dari merk lain pun ada yang berbahan baku 100 persen susu segar juga.

Beberapa susu sejenis dari merk lain memang ada yang hanya menggunakan bahan tambahan selain susu segar, misalnya susu bubuk skim, laktosa, penstabil, dan lainnya.

Dia menambahkan jika ada produk yang mengklaim, misalnya mengandung antioksidan lebih tinggi, vitamin D lebih tinggi, zinc yang lebih tinggi dan sebagainya, klaim tersebut harus tercantum dalam label produk, karena itu bukti telah adanya persetujuan klaim tersebut dari BPOM. Hal itu sesuai Peraturan BPOM No 31 Tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan.

Baca Juga: Ini Isi Lengkap SE Menag Juknis Peniadaan Takbiran, Shalat Iduladha dan Pelaksanaan Kurban

“Jika tidak ada, klaim tersebut dapat dianggap penipuan,” tambah dia.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Budaya Hidup Sehat, Ini Tips Cegah Gigi Berlubang

Minggu, 28 November 2021 | 18:39 WIB
X