Izin Darurat Vaksin Moderna Dikeluarkan, BPOM: Aman untuk Komorbid, Efikasi Capai 94,1Persen

Red
- Jumat, 2 Juli 2021 | 15:01 WIB
Vaksin Moderna/Foto istimewa
Vaksin Moderna/Foto istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kepala Badan Pengurus Obat dan Makanan (BPOM) Penny K. Lukito mengungkapkan, BPOM mengizinkan vaksin Moderna untuk penggunaan darurat (EUA)

Efikasi vaksin Covid-19 tersebut mencapai 94,1% untuk kelompok usia 18-65 tahun. Sementara untuk lansia di atas 65 tahun, efikasi mencapai 86,4%.

"Vaksin Moderna adalah vaksin dengan platform mRNA pertama yang mendapat EUA dari BPOM," kata Penny seperti dikutip dari Kata Data, Jakarta, Jumat (2/7).

Baca Juga: Krisis Nakes, Wali Kota Magelang Siap Jadi Relawan

Beradasarkan laman Centers for Disease Control and Prevention (US CDC), Vaksin mRNA adalah jenis vaksin baru untuk melindungi dari penyakit menular. Cara kerjanya, vaksin mengajari sel manusia untuk membuat protein yang memicu respons imun di dalam tubuh untuk menghasilkan antibodi yang melindungi diri dari virus.

Cara kerja vaksin Moderna yaitu mengandalkan platform virus yang dimatikan. Vaksin ini juga diberikan secara injeksi intramuskular dengan dosis 0,5 mililiter sebanyak dua kali penyuntikan selama 1 bulan.

Penny mengatakan vaksin buatan Amerika Serikat itu memberikan profil keamanan dan efikasi serupa pada mereka dengan penyakit paru kronis, jantung, obesitas berat, diabetes, liver hati dan HIV.

Baca Juga: Qurantine Tales sampai Buoyancy, Amunisi Pas Akhir Pekan selama PPKM Darurat

"Jadi bisa diberikan pada populasi dengan komorbid," ujar Penny.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Kata Data

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tujuh Obat Alami Ini Ampuh Atasi Sariawan

Minggu, 5 Desember 2021 | 23:24 WIB

Ini Dia Manfaat Buah Nangka bagi Kesehatan

Sabtu, 4 Desember 2021 | 23:24 WIB
X