Isolasi Diri dari Media Sosial Dianjurkan untuk Pasien Isoman, Hindari Imun Tubuh Turun

Red
- Kamis, 1 Juli 2021 | 16:32 WIB
Pasien OTG diminta untuk Isolasi Mandiri di Rumah. SM/Covid19.go.id
Pasien OTG diminta untuk Isolasi Mandiri di Rumah. SM/Covid19.go.id

 

JAKARTA, suaramerdeka.com - Ahli Gizi Masyarakat dari FKUI dokter Tan Shot Yen mengungkapkan isolasi mandiri (Isoman) bagi pasien COVID-19 sebaiknya juga dibarengi dengan isolasi diri dari media sosial.

“Kalau bisa selain isolasi mandiri secara fisik, ada baiknya orang yang menjalani isoman itu juga mengisolasi dirinya dari media sosial,” kataTan Shot Yen seperti dikutip dari Antara, Kamis (1/7).

Pasien COVID-19 yang menjalankan isoman sebaiknya tidak terpapar terlalu banyak membaca informasi mengenai penyakit yang berasal dari virus SARS-CoV-2 itu.

Baca Juga: Siap Terapkan PPKM Darurat, Menag Segera Revisi Edaran Iduladha

Tak dipungkiri, informasi yang beredar di media sosial terkait penanganan COVID-19 justru banyak yang tidak tepat dan bahkan bohong sehingga tentu informasi itu membawa kesalahpahaman dan malah berpotensi menurunkan imun tubuh.

Oleh karena itu, pasien COVID-19 yang ingin memahami penanganan COVID-19 saat menjalankan perawatan pribadi di rumah sendiri disarankan hanya menggunakan gawainya untuk menghubungi tenaga medis atau dokter yang bisa dipercaya.

Misalnya dokter dari Puskesmas terdekat atau dokter yang melakukan praktek telemedisin baik lewat aplikasi seperti Halodoc, Alodokter, Good Doctor, SehatQ maupun bisa juga dari layanan telemedisin rumah sakit terdekat.

Baca Juga: Polda Jateng Siap Dukung Pelaksanaan PPKM Darurat, Lakukan Penyekatan di Beberapa Lokasi

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Reguk Kesegaran Buah Semangka, Tiga Manfaat bagi Tubuh

Selasa, 26 Oktober 2021 | 06:54 WIB

Alasan Mengapa Sikat Gigi Sebelum Tidur Itu Penting

Senin, 25 Oktober 2021 | 07:01 WIB
X