RT Lamp Saliva Lebih Akurat, Kalbe Farma: Cukup Sampel Air Liur, Hasil Akurasi Tinggi

Red
- Rabu, 30 Juni 2021 | 18:27 WIB
RT Lamp Saliva/Foto Laman Kalbe Farma
RT Lamp Saliva/Foto Laman Kalbe Farma

JAKARTA, suaramerdeka.com - Alat tes RT Lamp Saliva dari PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) diklaim memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi dalam mendeteksi SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 bila dibandingkan tes cepat antigen.

Head External Communication PT Kalbe Farma Tbk Hari Nugroho mengungkapkan, metode RT Lamp ini tergolong baru dalam testing COVID-19 karena dikategorikan tes diagnostik, bukan tes cepat sehingga akurasinya lebih baik dari tes cepat antigen.

"Untuk meningkatkan jumlah testing COVID-19, Kalbe melalui anak usaha KalGen Innolab menawarkan inovasi testing COVID-19 dengan menggunakan metode RT Lamp Saliva atau menggunakan sampel air liur," kata Head External Communication PT Kalbe Farma Tbk Hari Nugroho, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu, seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Aplikasi Stefa Bantu Hilirisasi Produk Siswa SMK

Metode RT Lamp (Reverse Transcription Loop Mediated Isothermal Amplification) dapat mendeteksi secara spesifik asam nukleat yang merupakan material genetik dari virus SARS CoV-2.

RT Lamp adalah tes molekular yang termasuk dalam kategori Nucleic Acid Amplification Test (NAAT) bersama dengan RT–PCR dan TCM sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK. 01.07/ MENKES/ 446/2021.

“Kalbe berharap inovasi testing COVID-19 dengan metode RT Lamp Saliva ini dapat membantu bagi percepatan program testing yang sedang digiatkan oleh pemerintah saat ini, ” katanya.

Metode RT Lamp dipakai dengan menggunakan sampel air liur untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang ingin melakukan tes COVID-19 tanpa harus mencolok lubang hidup.

Baca Juga: Yang Divaksin Masih Bisa Terpapar Covid-19, Menkes Budi: Tolong Bantu Kami, Tinggallah di Rumah

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Makanan Ini Bisa Perkuat Daya Tahan Tubuh! Apa Saja?

Selasa, 6 Desember 2022 | 19:08 WIB

Punya Masalah Gigi Berlubang? Simak Tips Ampuh Ini

Kamis, 1 Desember 2022 | 16:42 WIB
X