Ini 8 Rekomendasi POGI Agar Ibu Hamil Terhindar dari Covid-19

- Senin, 28 Juni 2021 | 11:22 WIB
PEDULI IBU HAMIL : Ibu-ibu hamil bersama dengan kader RW di Kelurahan Gondoriyo Kecamatan Ngaliyan mengikuti kegiatan PKM Unnes. (suaramerdeka.com / dok)
PEDULI IBU HAMIL : Ibu-ibu hamil bersama dengan kader RW di Kelurahan Gondoriyo Kecamatan Ngaliyan mengikuti kegiatan PKM Unnes. (suaramerdeka.com / dok)


SEMARANG, suaramerdeka.com - Meningkatnya kasus ibu hamil terkonfimasi Covid-19 di sejumlah kota besar di Indonesia dalam keadaan yang berat (severe case), serta ditemukan varian baru yang masuk di Indonesia, terutama varian Delta telah menyebabkan populasi ibu hamil menjadi lebih rentan dan lebih cepat mengalami perburukan hingga kematian.

Dinas Kesehatan Kota Semarang mencatat data per 27 Juni 2021, sebanyak 33 ibu hamil dan melahirkan yang terkonfirmasi positif covid-19, saat ini dirawat di ruang Isolasi Rumah Sakit Wongsonegoro.

Sedangkan untuk anak sejak awal pandemi merebak ada sebanyak 738 anak yang telah terpapar Covid-19.

Angka tersebut berjumlah 5 persen yang diderita oleh balita dan anak dalam rentang usia 0-10 tahun.

Baca Juga: Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia, Ini Rekam Jejak Karirnya

Untuk pencegahan agar ibu hamil dan balita tidak terpapar, Perhimpunan Obstetri dan Ginekolog Indonesia (POGI) menyerukan perlunya diambil langkah dan rekomendasi yang terkait dengan pencegahan agar tidak terjadi peningkatan kasus secara masif serta upaya mempercepat dan memperluas vaksinasi dapat menjadi bagian dari upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Pertama mengusulkan pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di daerah dengan tingkat kejadian Covid-19 mulai dari zona kuning sampai dengan hitam.

Kedua, memperbarui dan meningkatkan sosialisasi pedoman penanganan ibu hamil dan ibu bersalin yang terinfeksi Covid 19 pada seluruh tenaga kesehatan dan fasilitas pelayanan kesehatan yang melakukan pemeriksaan kehamilan dan persalinan.

Baca Juga: Dana Rp 2 Triliun Siap, Kemenag Segera Bayar Selisih Tunjangan Guru

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Olah Raga yang Tren Selama Pandemi Covid-19

Jumat, 31 Desember 2021 | 11:25 WIB

Ini Khasiat Buah Naga untuk Redakan Batuk dan Flu

Selasa, 28 Desember 2021 | 21:29 WIB
X