Pfizer dan Moderna Berisiko Timbulkan Peradangan Jantung, FDA: Waspadai Vaksinasi Dosis Kedua

Red
- Sabtu, 26 Juni 2021 | 19:36 WIB
Ilustrasi Vaksin Pfizer. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Vaksin Pfizer. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Vaksin Covid-19 produksi Pfizer Inc/BioNTech dan Moderna mendapat tambahan keterangan dari yang menunjukkan adanya risiko langka peradangan jantung setelah penggunaan vaksin tersebut.

Regulator Obat Amerika Serikat (FDA) mengatakan untuk setiap vaksin, lembar fakta untuk penyedia layanan kesehatan telah direvisi.

Revisi dilakukan dengan memasukkan peringatan bahwa laporan efek samping vaksin ini menunjukkan peningkatan risiko miokarditis dan perikarditis, demikian seperti dikutip dari Antara, Sabtu 26 Juni 2021.

Baca Juga: Golongan Darah O Risiko Lebih Kecil Terinfeksi Virus Corona, Peneliti: Kadar Plasma Lebih Rendah

Peningkatan risiko ini biasanya terjadi setelah pemberian suntukan vaksin dosis kedua. Efek samping ini bisa menimbulkan gejala dalam beberapa hari setelah vaksinasi.

Miokarditis adalah kondisi terjadinya peradangan atau inflamasi pada otot jantung (miokardium). Otot ini bertanggung jawab pada fungsi jantung dalam memompa darah ke seluruh organ tubuh.

Ketika otot ini mengalami peradangan, maka fungsi jantung dalam memompa darah pun akan terganggu. Akibatnya, muncul gejala-gejala berupa nyeri dada, gangguan irama jantung, dan sesak napas.

Baca Juga: Sebentar Lagi Banten Miliki Asrama Haji Sendiri, Kemenag Siapkan Rp 40,5 Miliar

Sedangkan Perikarditis adalah iritasi dan peradangan pada lapisan tipis berbentuk kantong yang melapisi jantung (perikardium). Perikardium berfungsi untuk menjaga agar jantung tidak berpindah posisi, serta melindungi jantung dari gesekan atau penyebaran infeksi dari jaringan lain.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Antara, Kata Data

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Olah Raga yang Tren Selama Pandemi Covid-19

Jumat, 31 Desember 2021 | 11:25 WIB

Ini Khasiat Buah Naga untuk Redakan Batuk dan Flu

Selasa, 28 Desember 2021 | 21:29 WIB
X