Masker 2 Lapis Tingkatkan Penyaringan Virus, Efektif Cegah Penularan COVID-19 Varian Delta

Red
- Rabu, 23 Juni 2021 | 14:45 WIB
masker dua lapis. (foto ilustrasi: pikiran rakyat) (Nugroho Wahyu Utomo)
masker dua lapis. (foto ilustrasi: pikiran rakyat) (Nugroho Wahyu Utomo)


BANJARMASIN, suaramerdeka.com - Penggunaan masker dua lapis lebih efektif mencegah penularan COVID-19 varian Delta. Demikian diungkapkan oleh anggota Tim Pakar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk Percepatan Penanganan COVID-19 Prof Dr dr Syamsul Arifin MPd.

"Penggunaan masker dobel lebih efektif mencegah penularan varian baru corona yang saat ini sudah semakin menyebar," kata Syamsul Arifin di Banjarmasin, Rabu, seperti dikutip dari Antara.

Sejumlah hasil penelitian terbaru menjadi rujukannya, salah satunya penelitan oleh Direktur Medis Sollis Health di Los Angeles Scott Braunstein bahwa varian Delta memiliki protein lonjakan yang 'terbuka' lebih lama dari aslinya, sehingga memungkinkan virus memasuki sel manusia lebih efisien dan pada akhirnya membuat lebih menular.

Baca Juga: Tren Pemakaman Secara Prokes di TPU Giriloyo Meningkat, Pemakaman Warga di Luar Kota Magelang Mulai Dibatasi

Hal ini berarti bahwa penularan akan membutuhkan lebih sedikit partikel virus untuk menyebarkan infeksi dari satu orang ke orang lain.

Untuk itulah, intervensi pencegahan paling efektif salah satunya penggunaan masker. Menurut Syamsul lapisan kain pada masker dapat meningkatkan efektivitas penyaringan partikel virus.

Dengan logika tersebut, seseorang yang pakai masker dua lapis akan meningkatkan jumlah lapisan pada wajah mereka dan tentunya meningkatkan tingkat penyaringan.

"Pemakai masker bedah di balik masker kain akan memberikan perlindungan maksimal karena masker bedah berfungsi sebagai filter dan masker kain berfungsi untuk lapisan tambahan," ujar Guru Besar Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran ULM itu.

Baca Juga: RSUD Tugurejo Dirikan Tenda Darurat untuk Pasien Covid-19

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Alasan Mengapa Sikat Gigi Sebelum Tidur Itu Penting

Senin, 25 Oktober 2021 | 07:01 WIB

Selain Jeruk, Ini Tiga Buah yang Kaya Akan Vitamin C

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 06:55 WIB

Nyeri Punggung Bawah Dapat Diatasi dengan Yoga

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 06:12 WIB

Ini Bahayanya Duduk Terlalu Lama

Kamis, 21 Oktober 2021 | 06:26 WIB

Mengenal Enam Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Rabu, 20 Oktober 2021 | 08:12 WIB
X