Tidur Siang dapat Memicu Penyakit Jantung? Ini Kata Ahlinya

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 16:14 WIB
Ilustrasi tidur siang (Pexels)
Ilustrasi tidur siang (Pexels)

SUARAMERDEKA.COM - Tidur siang adalah pilihan utama kita terutama saat rasa lelah melanda. Umumnya, tidur siang dikatakan sebagai istirahat singkat.

Berapa lama durasi tidur siang yang singkat tersebut? Yakni, minimal lima menit dan tak lebih dari 2 jam. Nah, tahukah kamu bahwa tidur siang dapat memicu penyakit jantung?

Ya, hal tersebut merupakan hasil dari beberapa penelitian, tidur siang yang umumnya sehat ternyata dapat memicu penyakit jantung.

Baca Juga: Ujung Daun Tanaman Hias Kering, Hangus, Kuning dan Busuk, Ini Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

Penelitian tentang tidur siang ini dilakukan oleh Dr. Zhe Pan dari Guangzhou Medical University, China. Ia menyatakan pandangan yang kontra terhadap tidur siang.

"Tidur siang adalah hal lazim di seluruh dunia dan umumnya dianggap sebagai kebiasaan yang sehat," kata Dr. Zhe Pan.

"Pandangan umum di masyarakat adalah tidur siang bisa meningkatkan kinerja dan melawan konsekuensi negatif dari 'kurang tidur'. Studi kami mencoba menantang pandangan umum tersebut." Lanjutnya.

Baca Juga: Kumpulan Lagu 17 Agustus Terbaik Lengkap dengan Liriknya!

Hasil penelitian yang dilakukannya menemukan bahwa tidur siang yang lama (lebih dari 60 menit) dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular (jantung) 34% lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak tidur siang.

Secara keseluruhan, tidur siang dengan durasi berapa pun dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian sebesar 19%. Risiko ini lebih tinggi pada wanita, yang memiliki kemungkinan kematian 22% lebih besar akibat tidur siang dibandingkan tanpa tidur siang.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PKFI Pastikan Pelayanan Klinik Sesuai Standar

Senin, 3 Oktober 2022 | 00:40 WIB

Mencegah Risiko Kanker Payudara

Jumat, 30 September 2022 | 20:20 WIB
X