Begini Makna Pohon Sawo di Balik Pesan Terakhir Pangeran Diponegoro

- Sabtu, 16 Juli 2022 | 14:56 WIB
Pangeran Diponegoro. (dok. Instagram @albumsejarah)
Pangeran Diponegoro. (dok. Instagram @albumsejarah)

SUARAMERDEKA.COM - Pohon sawo rupanya memiliki makna mendalam bagi masyarakat Jawa, karena terdapat pesan penting yang berhubungan dengan kisah perjuangan Pangeran Diponegoro.

Pohon sawo yang kita tahu banyak dijumpai di sekitar halaman rumah atau masjid ternyata memiliki sejarah panjang khususnya bagi golongan santri dan kyai.

Dalam artikel ini, suaramerdeka.com akan menjelaskan secara lengkap makna pohon sawo di balik kisah perjuangan Pangeran Diponegoro.

Baca Juga: Jangan Remehkan! Ini 7 Keuntungan Rumah Tusuk Sate, Nomor 6 Bisa Mendatangkan Cuan

Rupanya, Pangeran Diponegoro pernah membisikkan pesan terakhir saat ditangkap oleh Belanda terkait dengan pohon sawo.

Berdasarkan sumber buku berjudul Fragmen Sejarah NU: Menyambung Akar Budaya Nusantara karya Kyai Mun'im, suaramerdeka.com berhasil mengungkap fakta menarik di balik penanaman pohon sawo di masa perjuangan Pangeran Diponegoro.

Buku tersebut mengisahkan sebuah pesan Pangeran Diponegoro kepada Kyai Badrudin dan kepada ulama lainnya seperti Kyai Basah Mintaraga, Kyai Hasan Besari, dan Kyai Baderan agar segera menanam pohon sawo.

Baca Juga: Intip Wajah Jodohmu Melalui Mimpi dengan Baca Amalan Ini Sebelum Tidur

Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa akibat kekalahannya dalam perang dengan Pangeran Diponegoro, beberapa kali Belanda meminta berunding untuk damai.

Namun, Pangeran Diponegoro memilih untuk menolak perundingan tersebut. Pangeran Diponegoro beranggapan, menerima perundingan berarti menerima kehadiran Belanda sebagai penjajah.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X