WHO: Lansia Rentan Tertular Covid-19 Butuh Dukungan Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Red
- Jumat, 18 Juni 2021 | 10:35 WIB
Vaksinasi Lansia (Foto :suaramerdeka.com /dokumentasi Kemenkes RI)
Vaksinasi Lansia (Foto :suaramerdeka.com /dokumentasi Kemenkes RI)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kekebalan tubuh para lanjut usia atau lansia 60 tahun kian berkurang. Kemungkinan adanya komorbid juga menjadi faktor rentannya lansia tertular Covid-19. Lansia pun berpotensi mengalami gejala panjang Covid-19 atau disebut Long Covid-19.

"Pada orang-orang lansia refresh capacity terbatas ini karena organ-organnya sudah sedemikian rupa," ujar Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono dalam “Temu Media Hari Lanjut Usia 2021,” dikutip dari kanal Youtube Kementerian Kesehatan RI.

Kondisi tersebut menimbulkan kecemasan bagi para lansia. Oleh karena itu, para lansia membutuhkan dukungan kesehatan mental dalam melewati pandemi.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada enam langkah yang bisa dilakukan keluarga dan pendamping profesional untuk menjaga kesehatan mental lansia.

Baca Juga: Belgia Menang, Kevin De Bruyne Bikin Rekor Langka

1. Dukungan emosional
Lansia sering kali merasa resah, marah, tertekan, tertutup, gelisah, hingga menyimpan curiga pada fenomena pandemi.

Oleh karenanya, dukungan emosional seperti memahami emosi yang dirasakan, mengajak berbicara dan terbuka terkait emosi tersebut, hingga memenuhi kebutuhan lansia selama pandemi dapat dilakukan.

2. Beri informasi yang jelas
Keluarga dan pendamping perlu memberikan informasi lengkap terkait Covid-19 dan langkah pencegahannya. Lansia akan lebih memahami bentuk komunikasi yang sederhana dan tidak berbelit-belit, baik bagi mereka yang mengalami gangguan kognitif atau tidak.

Sehingga, penting bagi keluarga dan pendamping profesional untuk menggunakan bahasa yang singkat dan jelas agar mudah dipahami. Bila diperlukan, penyampaian informasi dapat dilakukan berulang dengan ringkas dan sabar.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Kata Data

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Salah Menyimpan, Kandungan Susu Sapi Bisa Rusak

Rabu, 28 Juli 2021 | 07:45 WIB
X