Kasus KIPI Muncul, Pakar Kesehatan: Butuh 28 Hari Bentuk Kekebalan Tubuh setelah Vaksin Kedua

Red
- Kamis, 17 Juni 2021 | 18:32 WIB
Vaksinasi Covid-19. (istimewa)
Vaksinasi Covid-19. (istimewa)

pikir

JAKARTA, suaramerdeka.comKIPI merupakan istilah yang mungkin Anda pernah mendengar terkait program vaksinasi yang digalakan pemerintah guna memutus mata rantai virus corona dan mengakhiri masa pandemi

KIPI merupakan singkatan dari Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi atau kejadian medis yang tidak diinginkan usai pemberian imunisasi yang belum diketahui apakah memiliki hubungan kausalitas dengan vaksin yang disuntikkan.

Beberapa kali ditemukan kasus pasien penerima vaksin Covid-19 mengalami efek samping dengan gejala ringan hingga sedang bahkan ada pula yang mengalami efek samping bergejala berat meskipun termasuk jarang.

Baca Juga: Tempat Tidur Bagi Pasien Covid-19 Semakin Menipis

Berikut ini adalah sejumlah reaksi atau efek samping vaksin Covid-19 yang berpotensi dialami penerima vaksin

1) Reaksi lokal, efek samping berupa rasa nyeri, kemerahan, bengkak pada tempat suntikan. Selain itu, reaksi lokal berat bisa muncul seperti selulitis.

2) Reaksi sistemik, efek samping berupa demam, nyeri otot seluruh tubuh (myalgia), nyeri sendi (atralgia), badan terasa lemah, dan sakit kepala.

3) Reaksi lain, efek samping berupa biduran, reaksi anafilaksis bahkan pingsan.

Prof. Dr. dr. Hindra Irawan Satari, Spa(K), MTropPaed, Ketua Komnas Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) mengatakan kekebalan tubuh tidak begitu saja tercipta usai mendapat suntikan pertama jika pun ada, sangatlah rendah.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Pikiran Rakyat, Kementerian Kesehatan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Salah Menyimpan, Kandungan Susu Sapi Bisa Rusak

Rabu, 28 Juli 2021 | 07:45 WIB
X