Cegah Stunting, Jaga Sanitasi dan Nutrisi di 1.000 hari pertama kehidupan

- Kamis, 16 Juni 2022 | 19:49 WIB
Diseminasi informasi dan Edukasi Percepatan Penurunan Stunting bertajuk Kepoin Genbest: Cegah Stunting, Terapkan Nutrisi dan Sanitasi yang Cling! di Kota Salatiga. (suaramerdeka.com / dok GenBest)
Diseminasi informasi dan Edukasi Percepatan Penurunan Stunting bertajuk Kepoin Genbest: Cegah Stunting, Terapkan Nutrisi dan Sanitasi yang Cling! di Kota Salatiga. (suaramerdeka.com / dok GenBest)

SALATIGA, suaramerdeka.com – Kunci sukses penurunan angka prevalensi stunting harus dimulai sejak 1.000 hari pertama kehidupan.

Oleh karena itu penerapan perilaku bersih dan sehat terutama untuk generasi muda yang siap untuk menikah menjadi prioritas.

Perilaku penting yang harus dilakukan adalah menjaga sanitasi dan asupan nutrisi.

Demikian disampaikan Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Wiryanta dalam Diseminasi informasi dan Edukasi Percepatan Penurunan Stunting bertajuk Kepoin Genbest: Cegah Stunting, Terapkan Nutrisi dan Sanitasi yang Cling! di Kota Salatiga, Kamis 16 Juni 2022 .

Baca Juga: Simak Rukun Haji dan Umrah Berikut ini, Mulai dari Ihram sampai Cukur

Menurut Wiryanta, program pencegahan dan penurunan angka prevalensi stunting harus terus dilaksanakan untuk menyiapkan generasi unggul, memiliki kompetensi dan keterampilan yang tinggi, termasuk kepribadian yang menjunjung jati diri bangsa.

“Untuk itu kita harus selalu peduli terhadap lingkungan, termasuk budaya di tengah masyarakat yang perlu kita gugah agar bisa turut membantu cegah stunting,” jelasnya.

Kondisi ini perlu menjadi perhatian penting mengingat hasil sensus penduduk tahun 2020, penduduk didominasi oleh generasi Z dengan jumlah mencapai 27,9 persen dari total seluruh populasi penduduk di Indonesia.

Kemudian disusul dengan generasi milenial sebesar 25,8 persen.

Baca Juga: Selamat! 4 Zodiak Ini Bakal Banyak Keberuntungan di Pertengahan Juni 2022, Digempur Rezeki dari 3 Aspek

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X