Efektif Cegah Kanker Serviks, Pemerintah Sediakan Vaksin HPV Gratis

- Rabu, 20 April 2022 | 20:14 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin sampaikan vaksin booster secara lebih jelas akan disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). (tangkapan layar youtube Perekonomian RI)
Menkes Budi Gunadi Sadikin sampaikan vaksin booster secara lebih jelas akan disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). (tangkapan layar youtube Perekonomian RI)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kanker serviks kini menjadi perhatian. Kanker serviks merupakan Tumor ganas pada leher rahim, yaitu bagian paling bawah pada uterus.

Tumor ganas pada bagian paling bawah uterus (rahim), dapat dicegah dengan pemindaian PAP smear dan vaksin HPV.

Seperti diketahui, penyakit kanker serviks ini disebabkan oleh adanya perubahan atau mutasi sel DNA pada leher rahim.

Kondisi ini menyebabkan munculnya sel abnormal yang tidak terkendali pada bagian tersebut.

Baca Juga: Ga Usah Nunggu 30 April 2022, Siaran TV Digital Sudah Bisa Dinikmati, Begini Caranya

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan vaksin kanker serviks akan menjadi salah satu vaksin wajib di Indonesia.

Vaksin ini akan diberikan secara gratis untuk kelompok sasaran vaksinasi nasional.

Vaksin kanker serviks atau vaksin human papillomavirus (HPV) akan mencegah kanker serviks yakni salah satu kanker penyebab kematian perempuan di Indonesia maupun global.

"Kita akan naikkan vaksin wajibnya dari 11 antigen menjadi 14, kita tambah vaksin (human papillomavirus) HPV, PCV sama rotavirus, terutama karena kematian kanker itu paling banyak wanita Indonesia karena kanker serviks sama payudara, serviks ada vaksinnya," ujar Budi dalam webinar Pertemuan Diaspora Kesehatan Indonesia Kawasan Amerika & Eropa yang diunggah di YouTube, Minggu, 18 April 2022.

Baca Juga: Lirik Lagu Ibu Kita Kartini Versi Panjang, Cocok untuk Meriahkan Hari Kartini

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X