Tak Hanya Persiapan Fisik, Menikah Juga Harus Siap Secara Psikis

- Minggu, 17 April 2022 | 20:34 WIB
Self Healing Before Married, Bekal Hadapi Pernikahan. (suaramerdeka.com/dok)
Self Healing Before Married, Bekal Hadapi Pernikahan. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Menikah tak hanya mempersiapkan kebutuhan fisik saja. Namun juga perlu memperhatikan kesiapan diri sebelum menuju pernikahan.

Hal itu disampaikan Nia Nurdiasnyah selaku Women Empowement Coach, Mindfullness & Mental Health Practicioner dalam talkshow Ramadhan Cantik yang bertemakan "Self Healing Before Married, Bekal Hadapi Pernikahan" di Meilleur Ami Gallery, Jalan Kedungmundu Raya no 36 B, Semarang, Sabtu 16 April 2022.

Nia menyampaikan biasanya sebelum menikah, orang-orang lebih banyak memikirkan hal-hal yang berkaitan dengan fisik, misalnya venue, tanggal, make up juga pakaian.

Baca Juga: Ga Usah Nunggu 30 April 2022, Siaran TV Digital Sudah Bisa Dinikmati, Begini Caranya

"Namun jarang yang punya waktu untuk memikirkan persiapan diri atau secara psikis. Padahal kalau persiapan diri atau psikis tidak bisa diwakilkan oleh orang lain," tuturnya.

Menurutnya persiapan diri itu bakal jadi bom waktu setelah menikah, yang mana sumbernya adalah permasalahan pada diri sendiri yang belum selesai.

Nia mencontohkan misalnya ada perempuan yang mengalami dilema ganda ketika menjadi istri atau ibu.

Ternyata ketika sudah menikah ada impian yang belum kesampaian sehingga fokusnya terbelah dan tidak bisa total di rumah tangga.

Baca Juga: Ini 15 Link Nonton Film Gratis Terbaru 2022 Pengganti LK21, Layarkaca21 dan IndoXXI

"Misalnya juga dalam beberapa waktu terakhir ada kasus seorang ibu yang membunuh anaknya. Tentu saja ini berawal dari satu permasalahan dalam diri sendiri yang kecil namun sudah menumpuk dan berlapis-lapis," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X