Menjaga Kecukupan Hidrasi Selama Puasa Penting, Waspada Beberapa Gangguan Ini

- Senin, 11 April 2022 | 11:48 WIB
Webinar 'Healthy Hydration During Ramadan Fasting' yang diselenggarakan oleh Indonesian Hydration Working Group (IHWG) FKUI. (suaramerdeka.com / dok FKUI)
Webinar 'Healthy Hydration During Ramadan Fasting' yang diselenggarakan oleh Indonesian Hydration Working Group (IHWG) FKUI. (suaramerdeka.com / dok FKUI)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Mengonsumsi air yang cukup selama puasa tidak hanya mencegah berbagai gangguan tubuh tetapi juga menjaga agar ibadah puasa dapat berjalan dengan lancar.

Sayangnya, data menunjukkan bahwa 1 dari 4 orang dewasa dan 1 dari 5 anak dan remaja di Indonesia kurang mengonsumsi cairan, hal ini perlu menjadi perhatian terlebih saat menjalankan ibadah puasa.

Terkait hal ini, pada sesi webinar “Healthy Hydration During Ramadan Fasting” yang diselenggarakan Indonesian Hydration Working Group (IHWG) FKUI, Ahli Penyakit Dalam – Gastro Enterelogy, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB FINASIM.

Dia menjelaskan selama puasa, orang cenderung menunjukkan konsumsi cairan yang lebih rendah dibanding saat tidak berpuasa, sehingga diwaspadai risiko tersebut.

Baca Juga: Ngaji Milenial: Bullying di Kalangan Milenial

"Kita perlu menjaga cairan, air, dan elektrolit, untuk menghindari dehidrasi sehingga aktivitas selama berpuasa tidak terganggu."

"Anjuran minum minimal selama berpuasa tetap 8 gelas sehari, untuk itu maksimalkan waktu sahur, berbuka, dan setelah berbuka untuk minum, jangan hanya menunggu haus, agar kebutuhan hidrasi tubuh tetap tercukupi dengan baik,” kata Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Sementara itu, kurangnya asupan hidrasi untuk anak saat menjalankan ibadah puasa juga harus diperhatikan oleh orang tua agar anak dapat merasakan manfaat puasa secara sehat.

Ahli Ginjal Anak, Prof. Dr. dr. Sudung O. Pardede, SpA(K) menjelaskan, selama berpuasa, anak mengalami perubahan gaya hidup terutama pada pola diet dan pola istirahat sehingga menyebabkan perubahan proses metabolik.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 11 April 2022: Selain Kasus Elsa, Nino Minta Ammar Tangani Kasus Reyna

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X