Merawat Sendiri Induk Kambing Usai Melahirkan? Simak Panduan Praktisnya

- Rabu, 16 Februari 2022 | 09:36 WIB
drh. Evany Ayu memeriksa anak kambing dan induknya. (suaramerdeka.com/dok Animal Center).
drh. Evany Ayu memeriksa anak kambing dan induknya. (suaramerdeka.com/dok Animal Center).

SEMARANG, suaramerdeka.com - Para praktisi hewan sering menerima keluhan terkait dengan dengan perawatan kambing pasca melahirkan.

drh. Evany Ayu dari Animal Center Drh. Nugroho Kalipancur Semarang mengatakan, perawatan kambing itu dapat dilakukan sendiri tanpa dokter hewan.

"Apabila proses melahirkan berjalan secara normal dan lancar. amati terus proses melahirkannya, apakah anak kambing bisa keluar dengan sendirinya. Jika induk tampak kesulitan segera hubungi dokter," kata Evany Ayu, Rabu 15 Februari 2022.

Baca Juga: Kabar Duka, Dorce Gamalama Meninggal Dunia Rabu Pagi

Masih kata dia, setelah anak kambing lahir, diamati plasentanya, karena normalnya dapat lepas sendiri dalam waktu 8-12 jam.

jika lebih dari itu maka harus dibantu entah dengan pengambilan plasenta secara manual menggunakan tangan atau injeksi hormon.

Pasca melahirkan dipastikan tidak ada cairan lendir yang menghalangi jalan nafas, lalu diamati bisa berdiri dan menyusu ke induknya atau tidak.

Kemudian periksa kambing induknya keluar susu atau tidak, mengalami infeksi (mastitis) atau tidak. anak kambing harus bisa menyusu dan berdiri sendiri, apabila tidak maka harus dibantu berdiri dan berjalan menuju puting induknya.

Baca Juga: Meninggal Dunia Rabu Pagi, Ini Penyakit yang Diderita Dorce Gamalama

"Jika ada masalah dengan produksi air susu induk maka bisa diberikan susu pengganti dari induk kambing yang lain atau susu formula," kata dia.***

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X