Anak Usia di Bawah Dua Tahun Rentan Terpapar Covid-19, Ini 7 Panduan Pencegahan bagi Orang Tua

Red
- Sabtu, 12 Juni 2021 | 16:09 WIB
Masker sekali pakai/Foto: Istimewa
Masker sekali pakai/Foto: Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Centers for Disease Control and Prevention (CDC), agensi kesehatan publik nasional Amerika Serikat mengungkapkan, anak di bawah usia 2 tahun paling rentan terhadap Covid-19.

Pada usia tersebut, bayi tidak dianjurkan menggunakan masker maupun face shield untuk mencegah penularan virus corona melalui droplets, karena kedua alat tersebut dapat meningkatkan risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

“Sementara ketika bayi bergerak, pelindung wajah dan masker berpotensi menghalangi hidung dan mulut mereka atau menyebabkan tali pengikat mencekik,” demikan pernyataan di laman CDC, Kamis (13/6), seperti dilansir dari Katadata.

Baca Juga: PP Muhammadiyah: Jangan Diteruskan, Pajak Pendidikan Tidak Sejiwa dengan Pancasila

Saat ini, vaksinasi Covid-19 baru direkomendasikan kepada yang berusia 12 tahun ke atas. Adapun di Indonesia, belum terdapat anjuran bagi anak-anak untuk melakukan vaksin kecuali yang telah berusia 18 tahun ke atas.

Untuk mencegah penularan Covid-19 pada anak, berikut terdapat langkah pencegahan ekstra yang dapat diperhatikan para orang tua.

Pertama, hindari membawa anak di kerumunan dan ruangan berventilasi tertutup.

Kedua, jauhkan anak-anak Anda dari orang yang sedang sakit.

Ketiga, mencuci tangan sesering mungkin ketika kembali dari luar rumah, sebelum menyentuh anak, sebelum menyusui, dan ketika menyiapkan botol susu atau makanan.
Keempat, rajin membersihkan permukaan dan benda yang sering disentuh.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PKFI Pastikan Pelayanan Klinik Sesuai Standar

Senin, 3 Oktober 2022 | 00:40 WIB

Mencegah Risiko Kanker Payudara

Jumat, 30 September 2022 | 20:20 WIB
X