Studi: 3 Dosis Vaksin Sinovac Mampu Ciptakan Antibodi Penangkal Omicron

- Kamis, 3 Februari 2022 | 21:14 WIB
3 dosis Vaksin Sinovac Mampu Ciptakan Antibodi Penangkal Omicron (Freepik)
3 dosis Vaksin Sinovac Mampu Ciptakan Antibodi Penangkal Omicron (Freepik)

 

SUARAMERDEKA.COM - Sinovac Biotech Ltd. merilis data terbaru yang menunjukkan 95 persen individu yang telah menerima tiga dosis vaksin Sinovac memiliki antibodi penawar terhadap Omicron.

Studi yang diterbitkan di bioRxiv ini diselenggarakan di Tiongkok dan meneliti respons imun Sinovac, vaksin yang diinaktivasi –propiolakton, pada 120 peserta.

Hasil dari penelitian mendukung penggunaan tiga dosis imunisasi karena tingkat serokonversi dari antibody penetralisir terhadap Omicron meroket dari 3,3% (2/60) menjadi 95% (57/60) untuk rangkaian dua dan tiga dosis masing-masing.

Baca Juga: Truk Fuso Tabrak 5 Kendaraan di Banyumanik, Sopir Diperiksa

Pada partisipan yang menerima tiga dosis, peneliti juga mengisolasi 323 antibodi monoclonal manusia yang berasal dari memori sel B, setengahnya mengenali receptor binding domain (RBD) dan menampilkan bahwa sebagian dari mereka (24/163) memberikan netralisasi pada SARS-CoV-2 variants of concerns (VOCs).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan sebuah varian sebagai VOCs apabila dikaitkan dengan “peningkatan penularan atau perubahan merugikan dalam epidemiologi Covid-19, peningkatan virulensi atau penurunan efektivitas kesehatan masyarakat dan sosial atau pada fasilitas diagnostik, vaksin, dan terapi yang tersedia.”

“Saat dunia terus bergulat dengan munculnya varian baru Covid-19, penelitian ini memberikan kepastian bahwa tipe vaksin nonaktif, salah satu vaksin yang paling banyak digunakan secara global, tetap efektif melawan Covid-19.

Baca Juga: PKM Kota Semarang Mulai Senin Pekan Depan, Mal dan Keramaian Kembali Dibatasi

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Makanan Ini Bisa Perkuat Daya Tahan Tubuh! Apa Saja?

Selasa, 6 Desember 2022 | 19:08 WIB

Punya Masalah Gigi Berlubang? Simak Tips Ampuh Ini

Kamis, 1 Desember 2022 | 16:42 WIB
X