Kenali Gejala OCD, Penyakit yang Diderita Aliando Syarief

- Sabtu, 29 Januari 2022 | 13:07 WIB
Kenali gejala OCD, seperti yang dialami Aliando Syarief. (foto: pikiran rakyat)
Kenali gejala OCD, seperti yang dialami Aliando Syarief. (foto: pikiran rakyat)

suaramerdeka.com - Baru-baru ini terdengar kabar kurang baik dari aktor Aliando Syarief bahwasannya dia mengaku sedang mengidap OCD.

Hal ini diketahui saat Aliando Syarief melakukan live di Instagram pribadinya. Oleh sebab itu, dia tak terlihat cukup lama di layer kaca.

Kini Aliando Syarief tengah menjalani terapi penyembuhannya. Apa itu penyakit Obsessive Compulsive Disorder atau OCD dan bagaimana gejalanya?

Baca Juga: Sabtu Kliwon dengan Hitungan Jawa 17 dengan Karakter yang Cukup Baik, di Antaranya Dermawan

Melansir dari psychiatry.org, OCD adalah gangguan dimana seseorang memiliki peran, ide, atau sensasi yang berulang dan sifatnya obesesif.

Penderita OCD cenderung melakukan kegiatannya secara berulang (kompulsif) sampai menghasilkan hasil yang diinginkan seperti mencuci tangan, memeriksa dan membersihkan barang.

Padahal hal ini secara relitas megganggu aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Sabtu Kliwon dengan Hitungan Jawa 17 Juga Adalah Sosok yang Tidak Pamrih

Gangguan obsesif-kompulsif sering terjadi di situasi tertentu misalnya ketakutan berlebihan jika dirinya akan terkontimasi oleh kuman.

Jika hal ini dialami oleh penderita OCD, dia berkemungkinan akan terus mencuci tangannya secara kompulsif hingga menyebabkan rasa sakit hingga kulitnya menjadi lecet.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X