Dari Pandemi Menjadi Endemi, Bangun Budaya Kesehatan Baru Berdampingan dengan Covid-19

- Selasa, 25 Januari 2022 | 08:12 WIB
Ilustrasi Covid-19 (pixabay)
Ilustrasi Covid-19 (pixabay)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Pandemi Covid-19 yang mengubah seluruh sendi kehidupan perlu disikapi secara bijak.

Salah satunya, membangun budaya kesehatan baru menghadapi masa transisi menuju endemi Covid-19.

Budaya baru hidup berdampingan dengan Covid-19, disampaikan dr Gunadi PhD SpBA dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM.

''Budaya baru itu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan, mensukseskan program vaksinasi, membatasi mobilitas, menerapkan gaya hidup sehat, mengatur gizi dan asupan nutrisi tubuh, hingga membudayakan kejujuran menjadi bisa menjadi beberapa poin prioritas budaya baru dalam menghadapi masa transisi menuju endemi Covid-19,'' ungkapnya.

Baca Juga: Selasa Legi Ternyata Berjodoh dengan 7 Weton Ini, Apa Saja?

Ketua Panitia Hybrid Winter Course 2022 on Interprofessional Education mengatakan hal tersebut bakal menjadi kajian dalam kegiatan yang melibatkan pakar dan mahasiswa dari berbagai negara.

Kajian ilmiah digelar bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Farmasi mengusung tema ''Post Pandemic Life: Lesson Learnt and Future Direction''.

Menurut Gunadi, tema yang diangkat relevan menjadi kajian terlebih memasuki masa transisi dari pandemi menuju endemi Covid-19.

Seluruh eleman masyarakat dapat mempersiapkan diri dengan baik agar bisa hidup berdampingan dengan budaya kesehatan baru.

"Setelah melalui masa pandemi selama dua tahun, upaya promosi dan prevensi menjadi sangat penting. Jika virus bermutasi maka manusia juga harus berevolusi dengan promosi dan prevensi kesehatan. Ini akan menjadi budaya baru," tandasnya.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X