Dari Primbon Jawa: Ini Hari Naas, Keberuntungan Sekaligus Puncak Kejayaan Weton Jumat Pahing

- Jumat, 21 Januari 2022 | 13:38 WIB
Hari naas, hari keberuntungan dan puncak kejayaan weton Jumat Pahing, menurut Primbon Jawa. (Tumisu dari pixabay.com)
Hari naas, hari keberuntungan dan puncak kejayaan weton Jumat Pahing, menurut Primbon Jawa. (Tumisu dari pixabay.com)

Suaramerdeka.com - Berdasarkan perhitungan kalender Jawa, tanggal 21 Januari 2022 jatuh pada weton Jumat Pahing di Mangsa 31 Kapitu dan wuku Maktal.

Dilansir dari YouTube Mbah Sunan, kamus kitab Primbon Jawa kuno yang sudah dititeni para leluhur Jawa, menjelaskan weton Jumat Pahing mempunyai neptu besar, yaitu 15, Jumat 6 dan pasaran Pahing 9.

Menurut Primbon Jawa, dengan neptu yang cukup besar, weton Jumat Pahing memiliki puncak kejayaan, hari naas, maupun hari keberuntungan.

Berdasarkan kamus kitab Primbon Jawa kuno, weton Jumat Pahing dengan jumlah neptu 15 ini mempunyai hari naas yang jatuh pada hari lahirnya sendiri, yaitu Jumat Pahing.

Baca Juga: Muncul di Tengah Kontroversi Bahasa Daerah, Film Nana Sukses Tembus Festival Berlin

Perlu diketahui juga, bahwa hari naas weton Jumat Pahing yang sudah dititeni para leluhur Jawa dapat pula dihitung dengan mengambil 4 hari mulai dari hari umumnya yaitu Jumat, kemudian mengambil 3 hari dari hari pasarannya yaitu Pahing.

Jadi, secara keseluruhan hari naas weton Jumat Pahing dengan jumlah neptu weton 15 ini jatuh pada hari Jumat Pahing, Senin Wage, Senin Kliwon, Jumat Legi atau pasaran Pon, Wage, atau Kliwon.

Jika sudah mengetahui beberapa hari naas dari weton Jumat Pahing, maka sangat disarankan agar lebih mendekatkan diri kepada Tuhan yang Maha Kuasa dengan cara bertirakat, berpuasa weton, berdoa, dan selalu berbuat baik kepada sesama.

Di sisi lain, weton Jumat Pahing dengan jumlah neptu weton 15 ini juga mempunyai beberapa hari keberuntungan.

Baca Juga: Dose Hudaya Meninggal Dunia, Sule Sampaikan Duka Cita di Akun Instagramnya

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X