Gangguan Buang Air Kecil Kucing, Tindakan Perineal Urethrostomy Tak Bisa Ditolak

- Rabu, 12 Januari 2022 | 11:36 WIB
Demo operasi perineal urethrostomy pada kucing di Hall Animal Center drh. Nugroho Semarang. (suaramerdeka.com / dok Animal Center)
Demo operasi perineal urethrostomy pada kucing di Hall Animal Center drh. Nugroho Semarang. (suaramerdeka.com / dok Animal Center)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Gangguan kesulitan buang air kecil akut pada kucing memang sangat mengganggu, sehingga harus dilakukan perineal urethrostomy

Namun tindakan perineal urethrostomy yakni membuat saluran pembuangan air kencing kucing jantan menjadi seperti betina/transgender dengan membuang penis dan testis, bukan tanpa risiko.

Dengan tindakan perineal urethrostomy menjadikan pemilik harus merelakan kucing jantannya tidak lagi bisa membuahi.

Baca Juga: Berkekuatan 23 Pemain, Ini Skuat Timnas Indonesia di Piala Asia Putri 2022

Tindakan perineal urethrostomy sebelumnya dipertontonkan di depan para dokter hewan pada acara belajar bersama drh Theresia Anna Ekawati.

"Kasus penyakit itu dewasa ini sangat merebak dan diderita hewan kesayangan seperti kucing. Untuk mengindarinya, maka pemilik agar memperhatikan asupan minum hewan kesayangan," kata Theresiana Ekawati, Rabu 12 Januari 2022.

Acara demo perineal urethrostomy ini dalam rangka peringatan hari jadi Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) ke-69, berlangsung di Animal Center Drh. Nugroho Semarang, yang dihadiri para praktisi kesehatan hewan.

Baca Juga: Lirik Lagu 'Cokelat Biru' Giorgino Abraham yang Kerap Diputar di FTV

Menurut Ketua PDHI Jateng I ini, kegiatan belajar bersama itu terus akan diselenggarakan.

"Sementara sekali ini untuk kalangan tetbatas anggota PDHI dulu," kata Theresia Anna Ekawati.***

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X