Siloam Hospitals Semarang Imbau Masyarakat Waspada Varian Omicron

- Sabtu, 8 Januari 2022 | 12:40 WIB
edukasi bincang kesehatan bertajuk 'Kenali Varian Omicron, Cegah Gelombang Ketiga'. (suaramerdeka.com / dok Siloam)
edukasi bincang kesehatan bertajuk 'Kenali Varian Omicron, Cegah Gelombang Ketiga'. (suaramerdeka.com / dok Siloam)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Siloam Hospitals Semarang turut menghimbau masyarakat agar tetap waspada akan peningkatan penularan virus Corona varian Omicron (B.1.1.529).

Imbauan disampaikan melalui edukasi bincang kesehatan bertajuk 'Kenali Varian Omicron, Cegah Gelombang Ketiga' pada kanal live Instagram, Jumat 7 Januari 2022 di kota Semarang, Jawa Tengah.

Mengacu pada data Badan Kesehatan Dunia (WHO), Dokter Spesialis Patologi Klinik dari Siloam Hospitals Semarang, dr. Nalurita Ng. Sp. PK., mengatakan bahwa karakteristik virus varian baru Omicron yang cepat menular temasuk kemampuan virus guna menyebabkan suatu penyakit.

"Varian Omicron menjadi VOC (Varian of Concern) karena sifatnya yang sangat menular dan ada kemungkinan penurunan efektivitas alat diagnostic dan vaksin yang ada sekarang.," tutur dr. Nalurita Ng. Sp. PK., mengawali penjelasannya di bincang sehat yang mempu menarik perhatian puluhan viewer.

Baca Juga: Menangis di Depan Boy William, Reza Rahadian Ungkap Akan Berhenti dari Dunia Akting, Benarkah?

Melanjutkan penjelasannya, dr. Nalurita Ng. Sp. PK mengatakan bahwa varian menular dengan cepat dan dapat me Re- infeksi penyintas atau yang sudah mendapatkan dosis vaksin.

Meskipun hingga saat ini, resiko rawat inap, gejala berat bahkan kematian akibat Varian Omicron ini tergolong rendah.

"Namun hendaknya kita tetap waspada karena semakin banyak yang kena, semakin tinggi risiko kelompok rentan (lansia, anak2 dan komorbid) untuk terkena, meningkatkan angka keterisian RS, RS penuh, lama2 yang butuh penanganan bisa tidak tertangani," imbuh dokter Nalurita yang kesehariannya berpraktik tetap di Siloam Hospitals Semarang.

Sejak ditetapkannya status Pandemi Covid-19 pada Maret 2019, hingga saat ini virus Corona telah mengalami mutasi ke beberapa varian, yaitu Corona varian Alpha, Beta, varian Delta dan yang terkini adalah varian Omicron.

Baca Juga: Beda Peran Ariel di Klip Bintang di Surga: Dulu Penjahat Kini Jadi Polisi

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X