Kandang Ayam Lama dan Baru Perlu Dipisah, Antisipasi Penyakit Unggas

- Jumat, 7 Januari 2022 | 11:00 WIB
Ilustrasi kandang ayam. (suaramerdeka.com / dok pribadi)
Ilustrasi kandang ayam. (suaramerdeka.com / dok pribadi)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Para pemilik ayam pemula sering tidak menyadari jika hewan yang baru dibeli dari pasar unggas ternyata banyak membawa penyakit (virus unggas).

Tak heran, ayam-ayam itu pada akhirnya mati tanpa ada gejala sakit.

Drh. Mukhlas Yasi Alamsyah, praktisi unggas dan hewan besar merespon atas banyaknya kasus ayam (baru) mati, dengan memberi saran pencegahan.

Baca Juga: Usai Pulang Liburan dari Turki, Ashanty Positif Omicron

"Sementara pemilik memisahkan ayam baru di kandang tersendiri. Tapi pastikan kandang didesinvektasi dengan membuat cairan rebusan daun suruh. Air dimasukkan di semprotan burung," kata Mukhlas YA, Jumat 7 Januari 2022.

Mukhlas YA yang juga penyelia PT Eka Farma Semarang itu meminta pemilik memperkuat imunitas ayam lama maupun baru dengan memberi pakan yang telah dicampuri bawang putih dan irisan lembut daun selederi.

Menurut Mukhlas, imunitas itu sama seperti halnya jika orang mengadopsi kucing atau anjing, dengan lebih dulu memastkan hewan peliharaan itu sudah divaksin.

Baca Juga: Bicara Keberuntungan Weton Jumat Pon, Kerendahan Hati Menjadi Kunci

"Memberi pakan (ayam baru) dengan cara merendam beras dalam air dengan daun sambiloto dalam semalam akan melindungi unggas kita," pungkas Mukhlas YA.***

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Komunitas MMC Kampanyekan Mudik Berkah Tanpa Utang

Sabtu, 30 April 2022 | 12:46 WIB

Maya Diana K Dewi: Seni Mengatur Waktu

Minggu, 27 Maret 2022 | 19:21 WIB
X