River Tubing Dibidik Jadi Wisata Andalan Tawangsari

- Sabtu, 14 Agustus 2021 | 21:18 WIB
River tubing menyusuri arus Kali Pepe menjadi salah unggulan wisata Desa Tawangsari, Teras, Boyolali. (suaramerdeka.com/ Budi Sarmun S)
River tubing menyusuri arus Kali Pepe menjadi salah unggulan wisata Desa Tawangsari, Teras, Boyolali. (suaramerdeka.com/ Budi Sarmun S)

BOYOLALI, suaramerdeka.com - Perangkat Desa Tawangsari, Teras, Boyolali terus mengoptimalkan potensi daerah untuk dikemas sehingga berdaya guna tinggi. Baru-baru ini, potensi aliran Kali Pepe yang asri yakni wisata susur sungai di atas ban karet bekas (river tubing) dilirik untuk digenjot agar menjadi potensi wisata andalan.

Akhir pekan lalu, bersama sejumlah pegiat SAR di Boyolali dilakukanlah susur sungai sepanjang dua kilometer. Hasil sementara menunjukkan, potensi river tubing aliran Kali Pepe yang membelah Desa Tawangsari bisa dioptimalkan menjadi objek wisata petualangan alam yang menjanjikan.

“Kenapa dipilih river tubing karena potensinya sudah ada dan bagus bila dikembangkan lebih baik lagi. Tetapi yang terpenting di sini adalah menjaga aliran sungai tetap bersih dengan cara melibatkan warga setempat didalamnya,” terang Kepala Desa Tawangsari, Yayuk Supriyanti saat ditemui suaramerdeka.com di kantornya.

Yayuk yang ikut berbasah ria menyusuri anak Bengawan Solo itu mempridiksikan, Kali Pepe berpotensi mendongkrak ekonomi daerah. Otomatis masyarakat setempat diberdayaakan sehingga meningkatkan ekonomi warga.

Penduduk setempat terus menerus diajak menjaga lingkungan, jangan sampai sungai kotor karena aktivitas membuang sampah sembarangan. Bahkan, penambang pasir tradisional yang mencari nafkan di aliran sungai bisa dilibatkan dengan cara rakit pengangkut pasir disewakan atau mereka dikerahkan menjadi pemandu.

Dalam waktu dekat ini, pihaknya dibantu dengan sukarelawan dan masyarakat bakal kembali terjun. Kegiatan yang digelar adalah penataan bebatuan agar aliran sungai bagus dan lancar, penambahan sarana dan prasarana river tubing serta sosialisasi kepada warga sekitar sungai.

Editor: Zainal Arifin

Terkini

Ini 5 Destinasi Wisata di Temanggung yang Bikin Kangen

Sabtu, 25 September 2021 | 15:50 WIB

Karimunjawa Berbenah, Siap Dibuka Secara Bertahap

Minggu, 19 September 2021 | 16:20 WIB

Berwisata ke Jepara, Jangan Lupa Mampir ke Pantainya

Senin, 13 September 2021 | 12:50 WIB

River Tubing Dibidik Jadi Wisata Andalan Tawangsari

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 21:18 WIB

Persewaan Baju China Laris Manis

Jumat, 13 Agustus 2021 | 20:44 WIB

11 Th Dafam Hotel Management Berkarya

Rabu, 7 Juli 2021 | 22:41 WIB
X