Jurnal Fertilitas: Pria Terinfeksi Covid-19 Alami Penurunan Kualitas Sperma

- Selasa, 28 Desember 2021 | 15:52 WIB
Kualitas Sperma Dipengaruhi Suhu Testis, dr Hayatun Nufus Ungkap Hal yang Dapat Meningkatkan Suhu Testis. (Pixabay.com/derneuemann)
Kualitas Sperma Dipengaruhi Suhu Testis, dr Hayatun Nufus Ungkap Hal yang Dapat Meningkatkan Suhu Testis. (Pixabay.com/derneuemann)


SUARAMERDEKA.COM - Jurnal Fertility dan Sterility, Belgia, baru-baru ini mengungkapkan pria yang terinfeksi Covid-19 akan mengalami penurunan kualitas sperma hingga tiga bulan.

Penelitian dilakukan kepada 120 pria di Belgia berusia rata-rata 35 tahun

Dilansir dari Euronews, dari 51 sampel pasien yang diambil antara satu hingga dua bulan setelah pemulihan, menunjukkan pengurangan mobilitas sperma sebanyak 37 persen.

Sementara 29 persen memiliki jumlah sperma lebih rendah, turun lebih menjadi 28 persen dan 6 persen sisanya mengalami penurunan sperma setidaknya setelah dua bulan berlalu.

Baca Juga: Resep Herbal Penguat Imun dan Detox Reproduksi Wanita ala dr Zaidul Akbar

Dari studi ini, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan apakah Covid-19 dapat memiliki dampak jangka panjang pada kesuburan.

“Pasangan yang ingin hamil harus diperingatkan bahwa kualitas sperma setelah terinfeksi COVID-19 bisa menjadi kurang optimal,” ungkap para peneliti.

Penelitian itu mengungkap perkiraan waktu pemulihan adalah tiga bulan. Tetapi studi lanjutan sedang dilakukan untuk mengkonfirmasi hal ini dan untuk menentukan apakah kerusakan permanen terjadi pada sebagian kecil pria.

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X