Peternak Perlu Perbaiki Manajemen Pakan Kambing, Tekan Kasus Kekurangan Nutrisi

- Jumat, 24 Desember 2021 | 08:36 WIB
Para dokter hewan baru memeriksa kesehatan kambing di lingkungan Animal Center drh. Nugroho. (suaramerdeka.com / dok Animal Center)
Para dokter hewan baru memeriksa kesehatan kambing di lingkungan Animal Center drh. Nugroho. (suaramerdeka.com / dok Animal Center)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Para peternak, utamanya kambing perlu memperbaiki manajemen pakan agar tidak terjadi kasus kekurangan nutrisi pada jenis peranakan etawa.

Kekurangan nutrisi pada kambing disebabkan akibat dari ketidakseimbangan pemberian konsetrat, hijauan serta mineral meski sudah diberikan pengobatan berupa injeksi kalsium, vitamin dan terapi cairan.

Persoalan soal nutrisi pada kambing itu mengemuka pada pertemuan rutin yang membahas kesehatan hewan besar, Kamis 23 Desember 2021 di Animal Center II Desa Wisata Kalipancur, Semarang.

Baca Juga: Sebelum Jadi Rais Aam PBNU, Ini Jabatan yang Pernah Diemban KH Miftachul Akhyar

Acara diikuti para dokter hewan di Animal Center Drh Nugroho Semarang yakni drh. Evany Ayu, drh. Ria Utami, dan drh. Faikha Salwa AA, dan para praktisi ternak.

Mereka adalah para tenaga baru di lingkungan Animal Center I - II dengan mengemban program yakni pemeriksaan rutin, memberikan pengobatan alternatif, memberikan solusi mengenai manajemen kandang, manajemen hewan dan manajemen kasus.

Melihat hal itu, maka pentingnya pemakaian mineral kambing terutama yang diproduksi PT Eka Farma Semarang.

Baca Juga: Bona Ventura Resmi Pimpin KONI Jateng Periode 2021-2025, Siap Bawa Prestasi Lebih Tinggi

"Kehadiran para dokter baru itu akan mempetkuat kiinerja di semua fasilitas yang ada dan permasalahan kesehatan, baik hewan peliharan (pet) atau hewan besar,;" kata drh Heru Wahyono, penanggungjawab Animal Center Drh. Nugroho.***

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Komunitas MMC Kampanyekan Mudik Berkah Tanpa Utang

Sabtu, 30 April 2022 | 12:46 WIB

Maya Diana K Dewi: Seni Mengatur Waktu

Minggu, 27 Maret 2022 | 19:21 WIB
X