Pergi Nonton Adu Domba di Ciburial, Mlipir Sebentar ke Kebun Buah Naga...Cakep!

- Senin, 13 Desember 2021 | 21:31 WIB
Areal persawaan di Desa Wisata Ciburial (suaramerdeka.com/Setiady Dwi)
Areal persawaan di Desa Wisata Ciburial (suaramerdeka.com/Setiady Dwi)

KE Garut di tengah mendung yang menggelayut. Sedikit was-was, hujan segera menyelimut. Hanya saja, sajian yang ditawarkan aktivitas pedesaan ini rasanya sayang kalau sampai luput.

Selepas berdiam dalam kendaraan selama sekitar dua jam, pelataran Desa Wisata Ciburial, Samarang, Kabupaten Garut siap menghamparkan menu sajian yang beragam. Saatnya, menikmati langgam.

Atmosfir pesawahan langsung menyambut. Setelah mereguk minuman pembuka, dari biji kewer berupa teh rasa kopi di saung, langkah bergerak menikmati pematang. Hamparan hijau padi menyegerakan kesegaran yang sudah diidamkan.

Seperti biasa, di zaman sosmed, kamera-kamera ponsel bermunculan untuk mengabadikan dengan sepaket kegaduhan pemiliknya. Keriuhan yang kemudian beradu dengan suara kaleng dari instalasi pengusir burung yang ditarik-tarik.

Kurang dari 2 Km, dari pesawahan ke pinggiran kebun sayur mayur, gerak itu membuat peluh sedikit mengucur. Tapi jalan-jalan ini belum memuncak karena masih ada menu lainnya yang sayang juga untuk dilewatkan.

 

Pembuatan senjata golok di Desa Wisata Ciburial (suaramerdeka.com/Setiady Dwi)


Setelah melihat pembuatan senjata tajam golok dengan menggunakan besi bekas per daun kendaraan, desa itu menyimpan pula potensi lainnya berupa anyaman dari akar wangi seperti tas. Silahkan bagi yang meminatinya, sekaligus mengangkat ekonomi pedesaan setempat.

Sejurus kemudian, selepas menikmati suasana yang agak santai, atmosfir berbeda siap dirasakan. Sedikit tegang bisa jadi, tapi suguhan menu kukusan seperti kacang rebus, ubi, singkong di tribun seolah menekannya sehingga memantik perasaan rileks, karena saatnya menyaksikan atraksi domba Garut!

Jangan bayangkan, di bidang lapang itu langsung diperlihatkan aksi adu dari domba-domba tersebut. Karena ada pula pertunjukan matadornya, atraksi berupa cara menundukan keagresifan hewan tersebut. Sebuah kelihaian yang terus diasah pawangnya.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rekomendasi Hotel Bintang 5 nan Mewah di Bandung

Jumat, 1 April 2022 | 10:36 WIB

8 Tempat Wisata Hidden Gem di Yogyakarta

Jumat, 18 Februari 2022 | 13:51 WIB

Intip 5 Bangunan Peradaban Sejarah di Semarang

Jumat, 28 Januari 2022 | 13:41 WIB

5 Negara Terbaik di Asia yang Harus Anda Kunjungi

Selasa, 11 Januari 2022 | 06:00 WIB
X