Vaksin Covid-19 Menurun Keampuhannya, Kemenkes akan Beri Vaksin Booster Januari 2022 untuk Kelompok Ini

- Kamis, 9 Desember 2021 | 17:38 WIB
Ilustrasi Vaksin Covid-19 / Dok: dinkes.kalbarprov.go.id
Ilustrasi Vaksin Covid-19 / Dok: dinkes.kalbarprov.go.id

suaramerdeka.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyoroti rencana pemberian vaksin booster dikarenakan keampuhan vaksin Covid-19 yang dinilai menurun.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi menjelaskan soal pemberian vaksin booster untuk mengantisipasi varian virus Covid-19 terbaru, varian Omicron.

Dikutip dari pikiran-rakyat.com, menurut Siti Nadia Tarmizi menyampaikan bahwa pelaksanaan pemberian vaksin booster mempertimbangkan asas kesetaraan serta laju vaksinasi saat ini.

"Kita harus memastikan saudara-saudara kita yang belum mendapatkan vaksin untuk segera divaksin," ujarnya dalam dialog bertema "Disiplin Masker dan Vaksinasi Cegah Omicron", Selasa 7 Desember 2021.

Baca Juga: Ciptakan Iklim Demokrasi yang Sehat dan Dinamis, 51 Orma USM Ikuti Musker

Siti Nadia Tarmizi menyebut, pelaksanaan vaksin booster dibutuhkan masyarakat mengingat efektivitas vaksin Covid-19 mengalami penurunan.

"Kalau kita lihat dari kajian ilmiahnya, memang terjadi penurunan tetapi penurunan tersebut bukan berarti tidak ada nilai proteksinya, tetap masih ada nilai proteksinya," katanya.

Siti Nadia Tarmizi menyampaikan, vaksin booster rencananya akan dilakukan pada Januari 2022 dengan memprioritaskan tiga kelompok.

Kelompok yang menjadi prioritas yakni tenaga kesehatan, kelompok masyarakat lanjut usia, dan warga berusia di atas 18 tahun yang memiliki masalah imunitas.

Baca Juga: Main Hakim Sendiri, Mbah Minto Dituntut Dua Tahun Penjara

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X