Festival Tanaman Bonsai: Sinyal Menggeliatnya Seni Tanaman di Blora

- Jumat, 3 Desember 2021 | 10:45 WIB
Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, tengah mengamati bonsai di sela-sela meresmikan festival tanaman bonsai di halaman Balai Desa Keser, Kecamatan Blora Kota. (suaramerdeka.com / Urip Daryanto)
Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, tengah mengamati bonsai di sela-sela meresmikan festival tanaman bonsai di halaman Balai Desa Keser, Kecamatan Blora Kota. (suaramerdeka.com / Urip Daryanto)

ADA yang menarik dan perlu dimaknai saat Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, meresmikan Festival Tanaman Bonsai di halaman Balai Desa Keser, Minggu 28 November 2021 lalu.

Tidak sekadar suguhan ratusan jenis bonsai yang tertata rapi dengan berbagai bentuk unik di lokasi itu, melainkan festival bonsai yang berlangsung sampai Kamis 2 Desember 2021  bisa dijadikan sebagai sebuah dorongan menggeliatnya seni tanaman bonsai di Blora.

Karena memang tanaman bonsai  (berbagai jenis tanaman yang bisa dibonsai)  berpotensi besar ada di Kabupaten Blora.

Kawasan hutan dan batu kapur yang luas akan menjadi potensi tersendiri, belum lagi kekayaan banyak jenis tanaman liar yang bisa dibuat bonsai.

Baca Juga: Rumah Zakat Dorong Minat Baca Anak di Desa Sempu Blora

Dikemukakan Ketua Panitia Festival, Siswanto, bahwa selain dari lokal Blora ada beberapa daerah yang mengikuti festival. 

Di antaranya, Kudus, Rembang, Purwodadi, Pati, Tuban (Jawa Timur), Semarang, Karanganyar dan Sidoarjo (Jawa Timur), diharapkan bisa menjadi salah satu pemicu untuk lebih semaraknya penghobi bonsai di Bumi Samin Blora.

“Jumlahnya ratusan. Sekitar 200 bonsai dari kelas prospek hingga kelas regional. Tanaman bonsai ini sangat berpotensi di Kabupaten Blora, mengingat kita banyak kawasan hutan dan batu kapur. Banyak jenis tanaman liar yang bisa dibuat bonsai,” ungkap Siswanto.

Oleh karena Siswanto ingin mengajak pemuda Blora, khususnya pemuda Keser untuk mengenali potensi bonsai di Blora.

Baca Juga: Baznas Kebumen Salurkan Dana ZIS Rp 2,87 Miliar untuk 2.042 Mustahiq

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X