Kelinci Hewan Rentan dan Butuh Perhatian Lebih, Apa Saja?

- Kamis, 2 Desember 2021 | 09:00 WIB
Kelinci. (suaramerdeka.com / dok)
Kelinci. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kelinci itu hewan rentan dan lemah, itu hampir dipahami oleh para penyayang hewan peliharaan.

Maka jika ingin memelihara kelinci, maka diperlukan perhatian yang khusus atau perawatan ekstra seperti pakan, kesehatan hewan, dan faktor kandang.

"Bagi penyayang hewan kelinci dan berniat memeliharanya, harus siap dengan adanya risiko pemeliharaan."

"Karena kelinci itu binatang manis, lembut dan mudah terserang penyakit, mudah stres, indukan tidak mau menyusui, bahkan kanibal," ujar drh. Heru Wahyono penanggungjawab Animal Center Drh. Nugroho Semarang Kamis 2 Desember 2021.

Baca Juga: Emas Berbalik Menguat pada Akhir Perdagangan Didorong Pelemahan Dolar

Kebersihan kandang, sirkulasi udara, suhu dan kelembapan ruang kandang memiliki peranan penting untuk kesehatan dan kenyamanan kelinci.

Pakan kelinci menyesuaikan dari jenis kelinci, seperti kategori kelinci hias atau pedaging. Pakan yang diberikan berupa hijauan, rumput, sayur, atau pakan jadi (pellet dan hay).

"Keuntungan kelinci, peternak dapat memanfaatkan kelinci sebagai nilai jual, karena masa kelahiran yang relatif cepat dan tiap jumlah tiap keliharan banyak. Di sisi lain keuntungan yang didapat berupa, pupuk kandangi (feses) dan pupuk cair (urine)," kata lulusan FKH Universitas Gajah Mada Yogyakarta ini.***

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X