Apa Itu Sustainable Fashion? Ini Penjelasannya

- Jumat, 26 November 2021 | 22:39 WIB
Crafting Class “Upcycle Your Clothes” yang akan digelar pada 27 November 2021 di Senandika Coffee & Chill Semarang. (sm/dok)
Crafting Class “Upcycle Your Clothes” yang akan digelar pada 27 November 2021 di Senandika Coffee & Chill Semarang. (sm/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Istilah Sustainable Fashion sedang ramai digaungkan di dunia fashion. Tapi apa sih yang dimaksud “Sustainable Fashion”?

Sustainable Fashion berarti lebih bertanggungjawab, tidak hanya kepada konsumen dengan menyajikan pakaian dan aksesoris ramah di kulit, tapi juga kepada lingkungan sampai ke pembuat pakaian/aksesoris tersebut.

Selain pabrik mulai memperhatikan keberlangsungan produksi, para desainer fashion juga saat ini berlomba-lomba untuk mengembangkan sustainable fashion ini dengan mendesain pakaian yang timeless, menggunakan kain yang ramah lingkungan.

Baca Juga: Bambang Eko: Pernyataan Junimart Girsang Sangat Menyakitkan, Harus Disanksi

Sehingga mendorong untuk kita membeli lebih sedikit pakaian, tapi dengan kualitas yang lebih baik dan model klasik nan abadi. Pakaian seperti ini biasanya harganya lebih tinggi, meski sebanding dengan kualitasnya.

Di sisi lain, sebagai umat Muslim kita juga dianjurkan untuk tidak boros, karena semua barang yang kita beli, akan di hisab di kemudian hari.

Pasar barang “preloved” alias second hand/bekas yang sekarang dikenal dengan thrift market, juga semakin marak. Demikian pula dengan pakaian vintage yang semakin banyak diburu pembeli.

Baca Juga: 8.008 Pelari Siap Ramaikan Borobudur Marathon 2021

Pakaian rekondisi juga mulai dilirik oleh para crafter ataupun fashion enthusiast yang kreatif.

Berangkat dari itu, kami Meilleur Ami sebagai produsen pakaian pengantin muslim berusaha mengikuti era sustainable fashion dengan cara memproduksi gaun pengantin dengan bahan tekstil yang tidak mudah rusak dan dapat di mix and match.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X