Rotary Club Semarang Rayakan Hari Jadi Ke-27, Ajak Masyarakat Peduli Bumi

- Rabu, 24 November 2021 | 10:48 WIB
Merayakan HUT ke-27, Rotary Semarang menggelar kegiatan bertema 'Save The Nature' di Mal Ciputra. (suaramerdeka.com / Jati Prihatnomo)
Merayakan HUT ke-27, Rotary Semarang menggelar kegiatan bertema 'Save The Nature' di Mal Ciputra. (suaramerdeka.com / Jati Prihatnomo)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Merayakan ulang tahun yang ke-27, Rotary of Club Semarang Central bersama Rotary Club Semarang Bojong dan Rotary Club Semarang Indraprasta serta komunitas Eco Enzym Nusantara Semarang menggelar kegiatan bertema “Save The Nature” di Mal Ciputra, Selasa 23 November 2021.

Dalam kesempatan ini, Carolina Olin selaku Presiden Rotary Club of Semarang Central District 3420 mengajak masyarakat lebih peduli kepada bumi melalui eco enzym.

“Menyelamatkan bumi terutama melalui eco enzym ini banyak sekali manfaatnya tapi masyarakat belum terlalu mengenal. Dalam kegiatan ini kami juga mengajak sekolah berkebun yang di inisiatifkan oleh Wakil Wali Kota Semarang, ibu Ita, yang juga mengajak warga perkotaan bahwa lahan kecil tetap bisa berkebun, namanya urban farming,” ungkapnya.

Olin menerangkan eco enzym ialah hasil fermentasi dari limbah dapur, yakni dari kulit buah dan potongan sayur-sayuran, hanya membutuhkan tambahan gula dan air.

Baca Juga: Hari Guru Nasional, 18 Quotes Ki Hajar Dewantara Ini Bisa untuk Caption Media Sosialmu

Kemudian, difermentasikan tiga bulan, hasil panen berupa eco enzym, manfaatnya banyak untuk tanah, udara dan kesehatan tapi bukan untuk konsumsi.

“Dengan membuat eco enzim berarti kita mengurangi sampah organik menumpuk di TPA. Terus terang memang masyarakat belum terbiasa mengolah sampah, tapi lewat eco enzym masyarakat bisa memulai membuat tren mengolah sampah rumah tangga,” imbuhnya.

Tak hanya soal isu lingkungan, dalam kesempatan itu juga digelar kegiatan sosial donor darah yang bekerjasama dengan PMI Kota Semarang.

Selain itu, juga dimeriahkan berbagai acara seperti workshop Kombucha, workshop Dried Flowers, talkshow and demo Eco Enzyme, talkshow and demo berkebun.

Baca Juga: Stok Vaksin Covid-19 Cukup untuk Sebulan, Menkes: Jumlahnya 287 Juta Dosis

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cuaca Ekstrem, Berbagai Penyakit Ancam Hewan Rumahan

Jumat, 12 November 2021 | 07:30 WIB
X