LP Ma’arif NU dan Danone Berkolaborasi, Gelar Edukasi Gizi untuk Remaja

- Rabu, 24 November 2021 | 08:48 WIB
Penandatanganan kerja sama LP Maarif NU dengan Danone Indonesia terkait penanganan gizi. (suaramerdeka.com / dok Danone)
Penandatanganan kerja sama LP Maarif NU dengan Danone Indonesia terkait penanganan gizi. (suaramerdeka.com / dok Danone)

JAKARTA, suaramerdeka.com – Kecukupan gizi pada remaja sangatlah penting untuk memastikan remaja menjadi generasi penerus bangsa.

Namun saat ini remaja Indonesia dihadapkan dengan permasalahan gizi yang kompleks yakni triple burden of malnutrition seperti kekurangan gizi, kelebihan berat badan, dan kekurangan zat gizi mikro dengan anemia.

Untuk itu, Danone Indonesia berkolaborasi dengan LP Ma’arif dalam melakukan penguatan pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dan madrasah pada isu kesehatan dan gizi.

Penguatan ini, sejalan dengan panduan Gesid (Generasi Sehat Indonesia) untuk meningkatkan kesadaran remaja usia SMP dan SMA agar hidup lebih sehat melalui edukasi tentang: gizi seimbang, kesehatan reproduksi, serta pembentukan remaja yang berkarakter.

Baca Juga: Amerika Serikat Lepas Cadangan, Harga Minyak Naik ke Level Tertinggi di Akhir Perdagangan

Bambang Purwanto, SKM, MKM – Koordinator Substansi Potensi Sumber Daya Promosi Kesehatan menjelaskan bahwa saat ini, tantangan kesehatan di Indonesia adalah triple burden termasuk permasalahan akan malnutrisi. 

Jadi, isu ini perlu diperhatikan secara seksama.

"Untuk itu, Kemenkes membuat kebijakan rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN 2020-2024) untuk meningkatkan pelayanan kesehatan menuju cakupan kesehatan semesta terutama penguatan pelayanan kesehatan dasar," kata dia.

Kemenkes membuat target dan strategi kemenkes 2021 menjadi 5 prioritas salah satunya adalah peningkatan kesehatan ibu, anak reproduksi, dan percepatan perbaikan gizi masyarakat.

Baca Juga: Jadi Syarat Level Penetapan PPKM, Menkes: Kecepatan Vaksinasi Lansia Kencang Sekali

"Di sisi lain, promosi kesehatan yaitu proses untuk memberdayakan masyarakat melalui kegiatan menginformasikan, memengaruhi, dan membantu masyarakat agar berperan aktif untuk mendukung perubahan perilaku dan lingkungan serta menjaga dan meningkatkan kesehatan menuju derajat kesehatan yang optimal juga menjadi kunci untuk mengatasi permasalahan ini,” kata dia.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengandung Lemak Baik, Ini 9 Manfaat Buah Alpukat

Kamis, 9 Desember 2021 | 20:47 WIB

Rasakan Manfaat Rutin Minum Lemon Tea Setiap Hari

Kamis, 9 Desember 2021 | 09:28 WIB

Ini Lima Bagian Tubuh Ayam yang Tidak Boleh Dimakan

Rabu, 8 Desember 2021 | 07:18 WIB

Osteoporosis Turunkan Produktivitas Perempuan

Selasa, 7 Desember 2021 | 21:08 WIB

Ini Kebiasaan yang Menyebabkan Otak Menjadi Lambat

Selasa, 7 Desember 2021 | 07:02 WIB

Tujuh Obat Alami Ini Ampuh Atasi Sariawan

Minggu, 5 Desember 2021 | 23:24 WIB
X