Pasien Anak Terinfeksi Covid-19 Miliki Tingkat Kematian 40 Persen, Orang Tua Punya Peran Besar Cegah Penularan

Red
- Selasa, 8 Juni 2021 | 18:00 WIB
Pasien Covid-19/Foto Istimewa
Pasien Covid-19/Foto Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pasien anak yang terinfeksi Covid-19 berisiko memiliki fatalitas (kematian) tinggi sebesar 40 persen. Demikian studi yang dilakukan tim Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Sebanyak 490 pasien anak yang dirawat karena Covid-19 menjadi target penelitian yang dilakukan pada periode Maret-Oktober 2020.

Hasil penelitian RSCM ini juga telah diterbitkan dalam International Journal of Infectious Diseases dengan judul 'Mortality in children with positive SARS CoV-2polymerase chain reaction test: Lessons learned from a tertiary referral hospital in Indonesia’.

"Sebagian besar pasien anak yang meninggal memiliki komorbid. Umumnya memiliki lebih dari satu komorbid. Kebanyakan yang dominan adalah pasien dengan gagal ginjal, kemudian pasien dengan keganasan,” ujar Dr. dr. Rismala Dewi, SpA, peneliti utama riset dalam acara jumpa pers Jumat, 4 Juni 2021, seperti dikutip dari Pikiran Rakyat, Selasa (8/6).

Baca Juga: Sandiaga Buka Sentra Vaksin Covi-19, Sasar Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Prof. Cissy Kartasasmita, Sp.A (K), M.Sc, Guru Besar FK Unpad dan dokter spesialis anak dalam kesempatan terpisah, mengatakan menurut referensi jurnal medis terpercaya yang ada, risiko anak untuk terinfeksi dan sakit akibat Covid-19 sangat rendah. Kalaupun tertular tidak bergejala ataupun pada umumnya ringan.

Meski begitu, Prof. Cissy menyebutkan bahwa tidak menutup kemungkinan kalau pasien anak ada yang bergejala berat, masuk ICU, hingga sampai meninggal dunia akibat Covid-19.

“Biasanya karena memiliki penyakit lain sebelumnya seperti komorbid atau kurang gizi. Fatalitas di negara lain sebenarnya cukup rendah meski dalam hasil studi di Indonesia kita tinggi,” ujarnya.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Polres Pemalang Cegah Praktik Pungli Pelayanan Publik sesuai Prokes

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Kebiasaan yang Menyebabkan Otak Menjadi Lambat

Selasa, 7 Desember 2021 | 07:02 WIB

Tujuh Obat Alami Ini Ampuh Atasi Sariawan

Minggu, 5 Desember 2021 | 23:24 WIB

Ini Dia Manfaat Buah Nangka bagi Kesehatan

Sabtu, 4 Desember 2021 | 23:24 WIB
X