Antioksidan Epigalokatekin Galat pada Teh Hijau Baik untuk Kesehatan

Ant
- Senin, 7 Juni 2021 | 15:50 WIB
Teh Hijau/Foto Istimewa
Teh Hijau/Foto Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Teh ternyata mengandung antioksidan senyawa epigalokatekin galat (EGCG) yang baik untuk kesehatan. Fakta tersebut disampaikan melalui riset guru besar Universitas Airlangga (Unair) Prof. Dr. Djoko Agus Purwanto, Apt., M.Si.

“Kami membuktikan melalui serangkaian penelitian. Dari riset itu, kami memilih berbagai jenis dan merek teh untuk diuji efektivitasnya,” kata Guru besar ilmu kimia farmasi itu, seperti dilansir dari Antara, Senin (7/6).

Dari penelitian berbagai jenis teh seperti teh hitam, hijau, dan oolong, teh hijau ternyata memiliki kandungan terbaik. Artinya kandungan epigalokatekin galat dari teh hijau paling tinggi.

Kandungan epigalokatekin galat pada teh hijau bahkan terbukti memiliki sifat antioksidan seratus kali lipat jika dibandingkan dengan antioksidan yang dimiliki vitamin C dan 25 kali lipat dari vitamin E.

Baca Juga: Angka Covid-19 Kota Semarang Meningkat, Ketaatan Prokes Turun 2 Persen

Djoko menjelaskan, melalui mekanisme antioksidan itu, prinsip penyembuhan penyakit misalnya kanker melalui teh hijau tidak langsung berjalan, tapi ada peningkatan sistem imun dalam tubuh.

”Dengan sistem ini, perlahan sel kanker dalam tubuh hancur,” kata pria yang berpengalaman menggunakan teh hijau untuk mengatasi kanker sang istri, Andriani Primardiana.

Mantan Ketua LP3 dan Direktur Sumber Daya Unair tersebut menuturkan, untuk meningkatkan kandungan epigalokatekin galat dalam teh racikannya, dirinya menggunakan mekanisme ekstraksi.

Baca Juga: Kabar Beredar Dana Haji untuk Pembangunan Infrastruktur, DPR: Sama Sekali Tidak Benar

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Olah Raga yang Tren Selama Pandemi Covid-19

Jumat, 31 Desember 2021 | 11:25 WIB

Ini Khasiat Buah Naga untuk Redakan Batuk dan Flu

Selasa, 28 Desember 2021 | 21:29 WIB
X