Rapid Test dengan Abbott Panbio Antigen Nasal Lebih Nyaman, Ini Alasannya

- Jumat, 4 Juni 2021 | 09:15 WIB
Abbott Panbio Antigen Nasal. (foto: autodoc autodoc) (Wahyu Atmaji)
Abbott Panbio Antigen Nasal. (foto: autodoc autodoc) (Wahyu Atmaji)

JAKARTA, suaramerdeka - Metode swab antigen bertujuan mencari/mendeteksi adanya protein virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19.

Selain mengungkapkan bila seseorang terinfeksi patogen seperti virus SARS-CoV-2, rapid test antigen juga sebagai tes skrining.

Sehingga tindakan pencegahan penularan dapat segera dilakukan.

Baca Juga: 41 Persen Keluarga di Sleman Merokok

Motode ini akan terus digunakan selama Covid-19 belum ditemukan penangkalnya.

Sayangnya sebagian orang enggan jika sering melakukan swab antigen dengan berbagai alasan.

Mamang semua tergantung yang melakukannya dan pengalaman sebelumnya. Ada yang kesakitan kareba alat masuk hidung terlalu dalam, dan alasan lainnya.

Baca Juga: Asam Lambung Kronis Penyebab GERD, Dialami Lebih dari 4 Juta Orang Indonesia

Rapid test antige dalam pengambilan sampel sekresi memasukan alat test yang cukup panjang sampai ke bagian paling atas tenggorokan yang posisinya di belakang hidung.

Ini yang sering dikeluhkan orang dan membuat trauma.

Saat ini orang tak khawatir lagi, karena ada Abbott Panbio antigen nasal dengan akurasinya yang tinggi, proses pengambilan sampel sekresi tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali.

Proses usap hidung untuk mengumpulkan spesimen tidak berlangsung invansif karena pengambilan sampel hanya dilakukan sedalam 2cm dari permukaan lubang hidung.

Tri Laksono, pekerja media, menemukan kenyamanan.

Belum lama ini, saat akan  keluar kota dengan kendaraan pribadi bersama keluarganya, ia melakukan rapid test antigen sekeluarga di sebuah klinik yang menyediakan drive thru di Bogor.

Di klinik lab tersebut, Tri mendapatkan dua jenis tawaran swab rapid test antigen yaitu paket standar dan premium.

“Kami memilih yang premium menggunakan Panbio Antigen Nasal dari Abbott karena tingkat akurasinya tinggi. Apalagi dibandingkan dengan paket yang standar, selisih biayanya tidak terlalu jauh, tidak sampai 50 ribu rupiah,” ujarnya, Jumat.

Alat rapid tes Panbio Covid-19 Ag adalah alat uji aliran lateral untuk deteksi cepat kualitatif virus SARS-CoV-2 yang andal, praktis dan terjangkau.

Panbio Covid-19 Ag bertanda CE, telah menerima Emergency Use Listing (EUL) atau Daftar Penggunaan Darurat dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan sudah tentu telah memiliki ijin edar dari Kemenkes hingga memenuhi syarat penggunaan yang ditetapkan oleh Kemenkes.

Tes rapid Abbott Panbio antigen nasal tidak memerlukan instrumentasi dan memberikan hasil sekitar 15 menit.

Dengan proses yang simple, alat ini sangat cocok untuk pengujian dalam skala besar pada berbagai keadaan dan kondisi masyarakat.

Tes Panbio Covid-19 Ag telah digunakan secara luas di Eropa, Asia, dan Afrika.

Hasil studi klinis oleh Abbott terhadap 585 sampel menunjukkan bahwa uji Panbio Covid-19 Ag memiliki sensitivitas (kecocokan positif) sebesar 98,1 persen dan spesifisitas (kecocokan negatif) 99,8 persen pada orang yang diduga terpapar Covid-19 atau mengalami gejala-gejala akibat virus tersebut dalam tujuh hari terakhir.

Hilda, tenaga kesehatan yang menangani lab drive thru Halodoc di Tomang, Jakarta, menjelaskan efektivitas dan kenyamanan pasien dalam proses pengambilan sampel sekresi merupakan salah satu kelebihan metode dan teknologi dari Panbio Abbott antigen nasal.

Berbeda dengan alat lain yang proses pengambilan sampelnya sampai ke nasofaring (sampai ke pangkal tenggorokan), Abbott Panbio antigen nasal ini mudah dilakukan yaitu hanya di dinding hidung dengan kedalaman 2cm dari ujung hidung.

“Sejauh ini tidak ada kata lain selain nyaman dibandingkan alat lain yang membuat pasien merasa kurang nyaman karena pengambilan sampelnya lebih dalam,” ujarnya.

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Terkini

Alasan Mengapa Sikat Gigi Sebelum Tidur Itu Penting

Senin, 25 Oktober 2021 | 07:01 WIB

Selain Jeruk, Ini Tiga Buah yang Kaya Akan Vitamin C

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 06:55 WIB

Nyeri Punggung Bawah Dapat Diatasi dengan Yoga

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 06:12 WIB

Ini Bahayanya Duduk Terlalu Lama

Kamis, 21 Oktober 2021 | 06:26 WIB
X