Dokter Spesialis dan Pakar Pangan: Air Galon Guna Ulang Aman, Belum Pernah Sebabkan Penyakit

- Rabu, 17 November 2021 | 08:12 WIB
Galon guna ulang. (suaramerdeka.com / dok)
Galon guna ulang. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Dokter spesialis onkologi dan dokter spesialis kebidanan dan kandungan mengutarakan belum pernah menemukan ada pasien yang mengalami penyakit kanker dan gangguan pada janin karena mengonsumsi air minum dalam kemasan galon guna ulang.

Pakar pangan bahkan menjelaskan bahwa semua air kemasan yang sudah memiliki ijin edar aman termasuk galon guna ulanguntuk dikonsumsi.

Penegasan-penegasan ini terungkap dalam acara webinar diskusi media Selasa (16/11), bertajuk “Keamanan Menggunakan Air Galon Guna Ulang di Tengah Isu BPA”.

Webinar menghadirkan dokter spesialis onkologi Dr. Bajuadji SpB (K) Onk. MARS, dokter spesialis kebidanan dan kandungan Dr. M. Alamsyah Azis, SpOG(K), M.Kes., KIC, dan pakar pangan dari Universitas Trilogi Hermawan Seftiono, SSi, M.Si.

Baca Juga: Ormas Expo 2021: LSP Kawal Kasus Dugaan Penyimpangan Biaya Pendaftaran PTSL Salah Satu Desa di Kendal

Dokter Bajuadji menjelaskan kanker itu merupakan sekelompok penyakit yang ditandai oleh pertumbuhan yang tidak terkendali dan penyebaran sel-sel abnormal yang dapat menyebabkan kematian.

Disampaikan, etiologi kanker itu ada yang berasal dari dalam dan dari luar.

Menurutnya, faktor internal ini paling dominan, dimana 85 persen keganasan kanker itu diturunkan secara genetik, sehingga terjadi kegagalan repair dari sel DNA ke gen yang akan menjadi gen abnormal yang menetap. Ini yang akan menjadi sel kanker.

Dari faktor eksternal atau lingkungan bisa disebabkan zat kimia, radiasi, sinar ultraviolet atau zat karsinogen misalnya zat pewarna, atau formalin yang ada pada makanan yang memicu terjadinya keganasan.

Baca Juga: Melalui TJSL, PLN Dongkrak Perekonomian dan Kemandirian 71 Desa

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Makanan Ini Bisa Perkuat Daya Tahan Tubuh! Apa Saja?

Selasa, 6 Desember 2022 | 19:08 WIB

Punya Masalah Gigi Berlubang? Simak Tips Ampuh Ini

Kamis, 1 Desember 2022 | 16:42 WIB
X