Upgrade Akademi Komunitas Negeri, Politeknik Negeri Jakarta Buka PSDKU di Demak

- Kamis, 27 Mei 2021 | 18:42 WIB
Direktur Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) Zainal Nur Arifin menerima surat izin Program Studi Di luar Kampus Utama (PSDKU) dari Kementerian Pendidikan disaksikan Wakil Bupati Demak KH Ali Makhsun, di Pendapa Kabupaten.
Direktur Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) Zainal Nur Arifin menerima surat izin Program Studi Di luar Kampus Utama (PSDKU) dari Kementerian Pendidikan disaksikan Wakil Bupati Demak KH Ali Makhsun, di Pendapa Kabupaten.

DEMAK, suaramerdeka.com - Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) resmi membuka Program Studi Di luar Kampus Utama (PSDKU) yang berlokasi di Kabupaten Demak, setelah mengantongi izin dari Kementerian Pendidikan.

Peresmian ditandai dengan penyerahan surat izin PSDKU dari Kementerian Pendidikan yang diterima Direktur PNJ Zainal Nur Arifin disaksikan Wakil Bupati Demak KH Ali Makhsun, di Pendapa Kabupaten. Turut menyaksikan forkopimda, Sekda Singgih Setyono, pimpinan OPD, para kepala sekolah dan kepala desa.

Zainal Nur Arifin menyampaikan, sejak tahun 2014 PNJ telah membuka Akademi Komunitas Negeri (AKN) hasil kerja sama dengan Pemkab Demak. Namun sesuai kebijakan dari pemerintah pusat, keberadaan AKN di-upgrade menjadi PSDKU.

"Termasuk AKN di Kabupaten Demak, kini telah berubah menjadi PSDKU," katanya.

Khusus di Kabupaten Demak, memiliki dua program studi yaitu D-3 teknik mesin dan D-4 sarjana terapan Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE) atau bidang event management.

PSDKU merupakan pendidikan vokasi yang mencetak tenaga ahli terampil bidang terapan. Untuk itu mahasiswa yang lulus D-4 maka akan meraih gelar sarjana sebagaimana lulusan dari Universitas pada umumnya.

Pihaknya berkeyakinan, PSDKU PNJ akan menjadi bagian dari pencetak generasi berkualitas yang dibutuhkan bangsa, utamanya untuk memenuhi permintaan tenaga kerja.

"Dalam pemenuhan tenaga terampil, bangsa kita masih kalah dengan Jerman. Negera tersebut sudah lebih awal mencetak sarjana-sarjana terapan. Maka kita perlu melangkah lebih jauh lagi," ungkapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Ali Makhsun menyambut positif dan mengatakan Pemkab Demak akan mendukung sepenuh hati. Sebab, keberadaan lembaga pendidikan akan mencetak SDM berkualitas sehingga mampu menjawab tantangan zaman.

Halaman:

Editor: Achmad Rifki

Terkini

Manfaat Ikan Betutu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Rabu, 20 Oktober 2021 | 07:18 WIB

Tips Mudah Mengatasi Sepatu Kebesaran

Selasa, 19 Oktober 2021 | 07:18 WIB

Ini Dia Tiga Cara Mengatasi Bibir Kering

Minggu, 17 Oktober 2021 | 23:39 WIB

Enam Manfaat Minyak Kasturi untuk Kecantikan

Sabtu, 9 Oktober 2021 | 09:22 WIB

Ini Gaya Pakaian yang Unik dari Stylist Aespa

Kamis, 7 Oktober 2021 | 16:44 WIB

Manfaat Masker Alpukat bagi Wajah

Sabtu, 25 September 2021 | 17:26 WIB

Cegah Munculnya White Cast di Wajah, Coba Cara Ini

Sabtu, 18 September 2021 | 20:14 WIB
X