Hari Diabetes Sedunia, Ketahui Dua Tipe Penyakit Diabetes

- Minggu, 14 November 2021 | 09:14 WIB
Hari Diabetes Sedunia. (foto: pixabay)
Hari Diabetes Sedunia. (foto: pixabay)

suaramerdeka.com - Hari Diabetes Sedunia diperingati setiap tanggal 14 November, untuk tahun 2021 jatuh pada hari Minggu.

Tujuan peringatan Hari Diabetes Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dari penyakit diabetes.

Penyakit diabetes adalah penyakit kronis atau yang berlangsung jangka panjang yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) hingga di atas nilai normal.

Baca Juga: Deteksi Dini Perbesar Peluang Pasien Sembuh dari Kanker Payudara

Selain itu penyakit diabetes disebabkan karena adanya gangguan dalam tubuh, sehingga tubuh tidak mampu menggunakan glukosa darah ke dalam sel, sehingga glukosa menumpuk dalam darah.

Ada dua tipe penyakit diabetes, yaitu Diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Pada diabetes tipe 1, gangguan ini disebabkan sistem kekebalan tubuh yang biasanya menyerang virus atau bakteri berbahaya lainnya, malah menyerang dan menghancurkan sel penghasil insulin.

Baca Juga: Cara Ampuh Hilangkan Minder Karena Bau Mulut

Akibatnya, tubuh kekurangan atau bahkan tidak dapat memproduksi insulin sehingga gula yang seharusnya diubah menjadi energi oleh insulin menyebabkan terjadinya penumpukan gula dalam darah.

Sedangkan pada diabetes tipe 2, tubuh bisa menghasilkan insulin secara normal, tetapi insulin tidak digunakan secara normal.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Olah Raga yang Tren Selama Pandemi Covid-19

Jumat, 31 Desember 2021 | 11:25 WIB

Ini Khasiat Buah Naga untuk Redakan Batuk dan Flu

Selasa, 28 Desember 2021 | 21:29 WIB
X