Kanker Payudara Mengancam Perempuan Usia Muda, Perlu Upaya Preventif yang Masif Lewat Edukasi

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 17:20 WIB
Mengenali gejala kanker payudara (suaramerdeka.com/dok)
Mengenali gejala kanker payudara (suaramerdeka.com/dok)


JAKARTA, suaramerdeka.com - Ancaman kanker payudara mulai menghampiri kalangan usia muda dan generasi Z. Sistem kesehatan nasional harus memiliki cetak biru yang jelas untuk menekan angka kematian akibat kanker.

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring bertema Edukasi "Pita Merah Pink”: Remaja Z dan Perempuan Milenial dalam rangka Bulan Kanker Payudara yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu, 13 Oktober 2021, mengatakan pemerintah harus memberi perhatian khusus dan ruang lebih luas dalam kebijakan anggaran agar upaya-upaya pencegahan kanker bisa dilakukan secara masif.

"Pihak civil society, government dan kalangan bisnis harus berkolaborasi dengan baik dalam mengupayakan tercapainya tingkat kesehatan masyarakat yang lebih baik," katanya.

Baca Juga: Salut! Meski Hamil, Nadia Haq Raih Medali Perunggu Pencak Silat di PON Papua

Diskusi yang dimoderatori Anggiasari Puji Aryatie (Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI) itu menghadirkan Linda Agum Gumelar (Pendiri dan Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia), dr. Ronald A Hukom, SpPD. K-HOM, MHSC, FINASIM - (Ketua Perhimpunan Hematologi Onkologi Medik Ilmu Penyakit Dalam Indonesia /Perhompedin CabangJakarta), Aryanthi Baramuli (Ketua Umum _Indonesian Cancer Information and Support Center Association_ (CISC) dan Prof. Dr. dr Ari Fahrial Syam Sp. PD (Dekan FK Universitas Indonesia) sebagai narasumber.

Lestari berharap kesadaran terhadap ancaman kanker payudara pada kalangan perempuan usia muda bisa terus ditingkatkan lewat edukasi secara menyeluruh terhadap masyarakat.

Berbagai upaya dalam bentuk penyuluhan dan deteksi dini kanker payudara harus bisa disosialisasikan dan dipahami secara luas oleh masyarakat.

Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia, Linda Agum Gumelar sependapat bila tingginya ancaman kanker payudara harus diatasi sejak di hulu. Sehingga upaya-upaya preventif harus dilakukan untuk mencegah kanker payudara sejak dini.

Diakui Linda, terjadi hambatan informasi terkait proses pemahaman masyarakat di Indonesia tentang upaya-upaya preventif seperti Sadari dan Sadanu, yang disebabkan kendala geografis.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Alasan Mengapa Sikat Gigi Sebelum Tidur Itu Penting

Senin, 25 Oktober 2021 | 07:01 WIB

Selain Jeruk, Ini Tiga Buah yang Kaya Akan Vitamin C

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 06:55 WIB

Nyeri Punggung Bawah Dapat Diatasi dengan Yoga

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 06:12 WIB

Ini Bahayanya Duduk Terlalu Lama

Kamis, 21 Oktober 2021 | 06:26 WIB

Mengenal Enam Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Rabu, 20 Oktober 2021 | 08:12 WIB

Waspadai 7 Sayuran Ini, Bisa jadi Pemicu Asam Urat

Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:21 WIB

Ini Lima Fakta Seputar Mata Minus

Selasa, 19 Oktober 2021 | 07:36 WIB

Berikut Manfaat Buah Gayam untuk Kesehatan

Selasa, 19 Oktober 2021 | 06:55 WIB
X