Pendekatan One Health Perlu untuk Melawan Penyakit Akibat Gaya Hidup

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 07:30 WIB
Prof Dr drh Wayan T. Artama. (suaramerdeka.com / dok)
Prof Dr drh Wayan T. Artama. (suaramerdeka.com / dok)

UNGARAN, suaramerdeka.com - Gaya hidup atau life style seseorang ternyata bisa menimbulkan zoonotic diseases atau penyakit yang menular dari hewan ke manusia.

Maka One Health menjadi kekuatan untuk menghadapi berbagai penyakit menular akibat gaya hidup itu.

One Health adalah upaya kolaborasi dari berbagai disiplin ilmu yang bekerja secara lokal, nasional dan global untuk mencapai kesehatan yang optimal bagi manusia, hewan dan lingkungan

Menurut Prof Dr drh Wayan Tunas Artama, pengajar FKH Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, ada beberapa indikator munculnya zoonosis atau penyakit menular dari hewan ke manusia.

Baca Juga: Tak Ada Alasan, Pemerintah Harus Punya Langkah Terukur Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19

"Yakni karena globalisasi, keamanan pangan, perubahan iklim, ledakan penduduk, dan industrialisasi. Maka One Health menjadi sebuah keniscayaan, jika kalau hewan sehat, lingkungan sehat, maka manusia juga akan sehat. Zoonotic diseases itu bisa menjadi bencana di masa depan, salah satunya yang sedang terjadi adalah covid 19 ini," kata Wayan Tunas Artama.

Dalam acara bincang sehat yang berlangsung di Studio Dreamlight World Media Ungaran Selasa 12 Oktober 2021, koordinator One Health Colaborating Center ini lebih jauh mengatakan, globalisasi menjadi penanda, bahwa penyakit yang muncul pertama kali di satu negara, maka dalam waktu sangat singkat akan melebar ke semua negara.

"Bagaimana melakukan kontrol zoonosis ini? Harus ada kerja kolaborasi secara lokal, nasional dan internasioal dari hampir semua disiplin ilmu. Maka melakukan pendekatan one health menjadi salah satu solusinya," tandasnya.***

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Olah Raga yang Tren Selama Pandemi Covid-19

Jumat, 31 Desember 2021 | 11:25 WIB

Ini Khasiat Buah Naga untuk Redakan Batuk dan Flu

Selasa, 28 Desember 2021 | 21:29 WIB
X